Chiki Ngebul Mengandung Nitrogen Cair, Berbahaya bagi Anak-anak

Senin 09-01-2023,10:18 WIB
Reporter : Admin
Editor : Makmun hidayat

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID--- Sejumlah dokter meminta kepada para orangtua, pedagang, dan influencer bersikap bijak terkait dengan maraknya kasus chiki nitrogen atau chiki ngebul.

“Chiki ngebul mengandung nitrogen cair yang punya titik didih -197 derajat. Dan ini bahaya kalau dalam konteks medis," ujar Komisioner Bidang Kesehatan dan Napza KPAD Kota Bekasi dr. Hadyan Rahmat, Sabtu (7/1/2023).

Penggunaan nitrogen cair ini, demikian jelas Hadyan Rahmat, biasanya dipakai antara lain untuk pengobatan pada penanganan pra kanker guna matikan sel-sel kanker dan itu efeknya salah satunya merusak jaringan kulit.

BACA JUGA:Analis Unas Prediksi Pilpres 2024 Diikuti Tiga Pasang, Siapa Dijagokan PDI-P?

Untuk itu pihaknya meminta agar hal ini bisa menjadi perhatian utama bagi orangtua. Para pedagang juga diingatkan agar bijak ketika berjualan, jangan hanya berpikir yang penting laku. 

“Kita punya tanggung jawab yang sama untuk memastikan kesehatan anak-anak karena mereka aset masa depan bangsa," imbuhnya.

BACA JUGA:Penetapan PPK sebagai Tersangka Korupsi Kandang Kambing Dipertanyakan

Tak ketinggalan Hadyan Rahmat juga meminta influencer agar bijak ketika mau membuat konten dengan melakukan riset kembali.

Nah, mengingat pengakses sosial media dalam rentang umur anak-anak persentasenya besar, maka Hadyan Rahmat pun menekankan influencer untuk mendapatkan info yang utuh.

BACA JUGA:Gugat Cerai Bupati Anne ke Dedi Mulyadi, Ternyata Banyak Diikuti Anak Buahnya

“(Hal itu) agar nantinya bisa memberikan edukasi juga kepada anak-anak,” pungkasnya. ***

Kategori :