Kereen, Desa Pancakarya di Karawang Mulai Menuju Pelayanan Digitalisasi

Rabu 25-01-2023,16:48 WIB
Reporter : sahrul
Editor : Arie Acong

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Desa Pancakarya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, siap menerapkan sistem pelayanan digital bagi warganya. Hal itu dalam rangka  peningkatkan pelayanan publik ditingkat desa.

Kepala Desa Pancakarya, Asep Sugiarto, kepada KBE, mengatakan bahwa setiap desa tentunya antusias dan telah familiar dengan sistem dari dari pemerintah daerah untuk fokus dalam pelayanan digital seperti sisekeudes, pusekos atau lainnya.

"Rencana digitalisasi desa sudah menjadi wacana di Desa Pancakarya. Sistem digital bisa mempercepat pelayanan dan memangkas waktu,"tegas Asep, pada Rabu (25/1/2023).

BACA JUGA:Wagub Jabar : Imtak dan Iptek Tak Bisa Dipisahkan

Dikatakan untuk infrastruktur dana lainnya telah dirancangan karena digitalisasi desa perlu. Sejauh ini warga Pancakarya dalam mengurus layanan administrasi bisa lewat rumah saja melalui pelayanan digital.

Menurutnya alam rangka mendigitilasi secara full dengan pihak ketiga masih dalam pembahasan karena memang masih terbentur anggaran yang masih dibutuhkan untuk infrastruktur. 

BACA JUGA:Peringati Peristiwa Pertempuran Dahsyat Lengkong, Yayasan Harap Jadi Pengingat Generasi Muda

Namun seiring berjalannya waktu dirinya akan mengupayakan digitalisasi desa secara full.

Dikatakan bahwa sudah ada dua pihak ketiga yang masuk untuk menawarkan jasa sebagai fasilitator pelayanan digital keduanya dari PT BSD dan PT Telkom dengan Smart Village.

BACA JUGA:Didemo Warga, Lokasi Sampah Liar di Tarumajaya Tutup Sementara

Namun keuangan desa belum memadai untuk memenuhi kebutuhan insfrastruktur. 

"Karena kan anggaran baik DD, Bangub, maupun DBH sudah ada floating-nya masing-masing. namun kalau infrastruktur selesai kita kesana juga," pungkasnya.***

Kategori :