Katar Karawang Gelar Sertifikasi Relawan Sosial Tingkat Dasar di Desa Cikampek Barat

Minggu 12-03-2023,19:04 WIB
Reporter : admin
Editor : admin

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Meningkatkan pemahaman dan keilmuan sosial, Karang Taruna Kabupaten Karawang gelar sertifikasi uji kompetensi relawan sosial karang taruna tingkat dasar di Desa Cikampek Barat, Sabtu (11/3).

Kegiatan itu merupakan program Karang Taruna Kabupaten Karawang untuk menanamkan pemahaman dan pengetahuan tentang relawan sosial karang taruna bagi pengurus karang taruna desa dan kecamatan.

Wakil Ketua Karang Taruna Kabupaten Karawang, Yaya Taryana, mengatakan kegiatan sertifikasi merupakan amanat rapat kerja Karang Taruna Karawang dan yang pertama kali dilaksanakan. Serta Karang Taruna Cikampek diplot sebagai pilot project untuk mensertifikasi pengurus karang taruna desa dan kecamatan.

BACA JUGA:Beropasi Tanpa Kantongi Izin, Akhirnya KKP Lakukan Penyegelan Resort di Anambas

"Dalam peraturan organisasi, bahwa calon ketua karang taruna dusun desa kecamatan dan kabupaten harus pernah mengikuti uji kompetensi relawan sosial Karang Taruna tingkat dasar yang dibuktikan dengan sertifikat dari Karang Taruna," kata Yana. 

"Ini menjadi penting agar ketua, dan pengurus karang taruna memahami tugas dan fungsi karang taruna, sehingga ketika mereka jadi ketua atau pengurus akan paham bagaimana mengelola organisasi dan pemberdayaan sosial di masyarakat," sambungnya. 

BACA JUGA:Memprihatinkan, Warga Berharap Pembangunan Jalan Penghubung Antar Desa di Kota Baru Karawang

Ketua Careteker Karang Taruna Kecamatan Cikampek, Dhani Sudirman, berharap kegiatan yang dilaksanakan bakal berdampak pada kerja kerja pengurus desa dan kecamatan. Sehingga, keberadaan karang taruna bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Selain itu, para pengurus dan anggota karang taruna memiliki semangat dan pengetahuan bagaimana menjadi relawan sosial yang baik sesuai dengan aturan dan kode etik yang ada.

BACA JUGA:Atalia : Desainer 'Fashion' Muslim Indonesia Harus Maju dan Mendunia

"Kami berharap melalui sertifikasi ini para pengurus akan meningkatkan kerja sosial dan kerja organisasi di masyarakat dengan lebih baik lagi," kata Dhani.

Ketua Karang Taruna Desa Dawuan Timur, Ibnu Hasan mengatakan, menurutnya melalui sertifikasi dia dan pengurus lainnya bisa lebih memahami aturan dan kerja organisasi serta dapat menjadi relawan sosial.

BACA JUGA:Event Motor Rusak Lingkungan, Kang Emil Kesal Pada Pihak Panitia

"Kami sangat berterima kasih sekali kepada pengurus karang taruna kabupaten dan kecamatan yang telah menyelenggarakan acara sertifikasi ini. kami mendapatkan manfaat, informasi dan ilmu berkaitan dengan hal tersebut yang selama ini belum kami ketahui. Ke depannya, untuk tingkat desa kami juga akan menyelenggarakan kegiatan ini," kata Ibnu. 

Kategori :