Serunya Pawai Obor Warga Cibatu Cikarang Selatan Rayakan Tahun Baru Islam

Rabu 19-07-2023,11:54 WIB
Editor : Rajomengiyan

CIKARANG SELATAN - Warga Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi menggelar pawai obor dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 2023 atau 1 Muharram 1445 Hijriyah. Warga memulai pawai obor dari jembatan tol kampung tegal luhur menuju Kantor Desa Cibatu.

 
Sesampainya rombongan pawai obor ke halaman desa setempat, langsung di sambut kepala desa dan juga perangkat desa. Kegiatan dilanjutakan dengan acara Solawat Nabi, Pengajian dan juga Siraman Rohani.
 
Kepala Desa Cibatu, Ranta mengatakan, sekitar ratrusan orang yang terdiri dari orang tua, remaja hingga anak-anak mengikuti pawai obor.  Kegiatan ini juga bagian dari silaturahmi antarwarga setempat dan juga pemerintah desa.
 
" Alhamdulilah warga desa cibatu antusias menyambut tahun baru islam," kata Ranta, Selasa (18/7), Malam.
 
" Semangat tahun baru inilah yang menjadi rasa syukur karena sudah diberi kesempatan untuk hidup dengan baik di tahun sebelumnya dan harapan kedepannya semoga di tahun mendatang kehidupan kita semua akan semakin baik," lanjutnya.
 
Ranta menuturkan, pawai obor menyambut Tahun Baru Islam adalah tradisi umat muslim di indonesia, termasuk warga di desanya. Tak hanya saat perayaan Tahun Baru Islam, biasanya pawai obor juga kerap diselenggarakan di awal Ramadan.

" Menggelar pawai obor dan bersuka cita merayakan Tahun Baru Islam adalah bentuk takzim terhadap sejarah serta budaya Islam. Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan sejarah Islam kepada generasi muda, terutama bagi warga desa cibatu," terangnya.
 
Sejarah yang dimaksud adalah cerita Nabi Muhammad bersama Sayidina Abu Bakar RA hijrah dari Kota Mekah ke Madinah. Momen inilah yang kemudian menentukan Tahun Baru Islam 1 Muharram. 
 
Ia berencana, pawai obor tahun depan akan di laksanakan dengan meriah. Serta melibatkan bayak warga, baik warga perkampungan maupun warga perumahan.
 
" Malam ini saja jumlah peserta pawai membludak, itu tanapa kita rencanakan  sebelumnya. Insya Allah gebyar malam Tahun Baru Islam tahun depan kita gelar dengan meriah," tungkasnya. (mil)
 
 
Kategori :