Angka Pengangguran Sarjana di Karawang Parah, Pemkab Jangan Pasrah...!!!

Rabu 19-07-2023,19:18 WIB
Reporter : Rizki Andika
Editor : Suhlan Pribadi

Tingkat pengangguran itu dihitung dengan cara membandingkan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang dinyatakan dalam persen.

Padahal di era pembangunan seperti ini harusnya tingkat pengangguran bisa berkurang, karena lapangan kerja yang diciptakan sangat banyak. 

Pengangguran atau dikenal juga dengan istilah tunakarya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari seminggu atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak.

Pengangguran biasanya terjadi karena jumlah orang yang mencari pekerjaan tidak sebanding dengan tawaran lapangan pekerjaan di lapangan.

Dan ternyata hal ini sangat serius dalam bidang ekonomi, karena dapat menurunkan peroduktivitas dan pendapatan masyarakat.

Tingginya tingkat pengangguran ini biasanya dapat menimbulkan bermacam-macam masalah  lainnya, seperti kemiskinan, banyaknya kriminalitas dan masalah sosial lainnya.

BACA JUGA:Tak Sejalan Perintah Presiden, Kinerja BPN Karawang Dikeluhkan Para Kades, Setahun Sertifikat PTSL Mangkrak

Belum lagi kalau misalnya si pekerja merupakan tulang punggung keluarga, maka anggota keluarga lainnya akan terkena dampak dari menganggurnya kepala keluarga.

Bagaimana cara mengatasi pengangguran? Salah satu cara mengurangi jumlah pengangguran di antaranya adalah dengan meningkatkan skill pekerja dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Bahkan hal ini bisa menyebabkan anak-anak yang harusnya penerus bangsa menjadi putus sekolah dan dampak lainnya bahkan ke psikologis anak.

Yang pasti akan sangat membahayakan negara bila sumber daya manusianya menjadi pengguran struktural.

Dalam suatu negara, pengangguran yang berpengaruh besar karena menimbulkan masalah terhadap perekonomian negara dinamakan pengangguran struktural.

Pengangguran struktural itu dihasilkan dari ketidakcocokan antara keterampilan yang dimiliki oleh para pekerja dan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan untuk mempekerjakan pekerja.

Ini menyebabkan para calon pekerja atau pekerja yang menganggur dalam waktu lama dan perlahan akan kehilangan keterampilan dalam bekerja.

Mereka kehilangan keterampilan bekerja yang dimiliki. Dan ini akan menyebabkan tingkat pengangguran akan lebih tinggi lagi dibanding sebelumnya.

Kategori :