Marak Kebakaran, Karawang Bakal Tambah Pos Damkar di Pesisir Utara, Nih Lokasinya...

Selasa 10-10-2023,18:28 WIB
Reporter : Abrisam
Editor : Hayatullah

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, bakal menambah pos pemadam kebakaran (damkar) di wilayah utara, yaitu T eluk Bango Pisang Sambo.

Di mana, saat ini baru ada lima pos damkar menangani 30 kecamatan.

"Kedepan kami pun berencana membuka pos di Teluk Bango Pisang Sambo antisipasi Batujaya Pakis Jaya atau di daerah Pedes, Cibuaya dan Cilebar," ujar Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Selain itu, sambung Cellica, pihaknya juga  menganggarkan kembali satu unit mobil damkar dengan kapasitas 5.000 Liter

"Alhamdulolah hari ini saya melihat dan meninjau mobil Damkar yg baru saja datang," ujar dia.

Adapun beberapa mobil damkar disebar di berbagai wilayah antara lain, Kecamatan Pangkalan (1 unit dengan kapasitas 1500 L), Cikampek (2 unit dengan kapasitas 3000 L), Cilamaya Wetan (1 unit kapasitas 3000 L), Telagasari (1 unit 3000 L)

 

"Rengasdengklok paling jauh jangkauan 50 km kapasitas 3000 L ada 1 buah unit dan di Mako BPBD ada 5 unit kendaraan Damkar, dengan total unit baru ada 11 unit Damkar," sebut Politikus Demokrat.

Disisi lain, Cellica mengakui marak terjadinya kebakaran di musim kemarau panjang.

"Semalam terjadi musibah kebakaran di sebuah Ruko sekitar Stasiun KA Karawang.  Namun alhamdulilah api bisa segera dipadamkan dan kami bersyukur tidak ada korban jiwa, walaupun ada kerugian materiil yang cukup besar," ujar dia.

Cellica mengungkapkan jumlah musibah kebakaran di Kabupaten Karawang cukup banyak, terutama di musim kemarau dan akibat konsleting listrik.

"Pada bulan September 2023, ada kurang lebih 84 kejadian, kebanyakan kasus kebakaran adalah alang-alang sebanyak 63 kasus dan terjadi di lahan-lahan kosong. Sehingga Alhamdulillah bisa teratasi dan tidak menimbulkan kerugian material," beber dia.

Selain itu, ada lima unit rumah tinggal, dua unit kios, 10 unit penampungan limbah domestik, dua unit kendaraan (di tol beberapa waktu yang lalu), satu buah gardu listrik dan 1 area jerami pakan sapi.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Rohmat Ilyas mengungkap, fasilitas pemadam kebakaran di Karawang masih terbilang cukup terbatas.

Tags :
Kategori :

Terkait