Disdukcapil Karawang Gelar Layanan Adminduk Terhadap Para Siswa BLK

Rabu 15-05-2024,11:27 WIB
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang menggelar layanan Administasi Kependudukan (Adminduk) terhadap para siswa Balai Latihan Kerja (BLK).

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Karawang, Elfan Yanuar menyampaikan, dalam kegiatan tersebut Disdukcapil melakukan rekam dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi para siswa BLK.

"Layanan Adminduk yang diberikan kepada para siswa BLK ini berupa rekam dan aktivasi IKD. Para siswa ini merupakan siswa yang mau lulus dan akan mendapatkan sertifikat. Diberi pengarahan.

Elfan menjelaskan, kepemilikan identitas kependudukan sangat penting sekali untuk para siswa BLK yang nantinya akan terjun ke dunia kerja.

BACA JUGA:GEGER!! Mayat Pria Paruh Baya Ditemukan di Aliran Kali Irigasi Rawa Baru Tambun Utara

"Karena IKD ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan kerja nantinya dan dapat digunakan juga untuk mempercepat transaksi pelayanan publik," kata Elfan.

Ia mendorong agar masyarakat segera melakukan aktivasi IKD dengan mendatangi langsung ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Karawang atau Mall Pelayanan Publik di Tekno Mart.

"Selain bisa dilakukan di kantor dan MPP, kami juga secara rutin menggelar layanan jemput bola ke sekolah, instansi, dan ke lokasi pemukiman penduduk," tutur Elfan.

Ia menerangkan, kepemilikan IKD ini sangat penting bagi masyrakat, karena sebagai bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

BACA JUGA:J Trust Bank Luncurkan Produk Tabungan TORA Green Savings

"SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta sebagai single Sign On, dan juga untuk pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya," tegas Elfan.

Sementara itu, Kepala BLK Karawang, Agung Jauhari, mengatakan, pelayanan rekam dan aktivasi IKD kepada para siswa BLK sangat membantu untuk mempermudah dalam pembuatan kartu kuning. Sementara kartu kuning ini sangat penting bagi siswa BLK untuk melamar pekerjaan nanti.

"IKD ini nanti menjadi salah satu syarat pembuatan kartu kuning. Dan untuk aktivasi IKD hari ini, diberikan kepada siswa BLK yang mau lulus besok serta kepada masyarakat yang akan membuat kartu kuning," jelas Agung.

Agung berharap layanan jemput bola Adminduk dari Disdukcapil ini bisa dilakukan secara berkelanjutan. Karena dengan adanya layanan tersebut dapat mempermudah siswa BLK dalam melakukan rekam ataupun aktivasi IKD.

Kategori :