10 Jenis Minuman Kesehatan Yang Baik Dikonsumsi Lansia

Sabtu 25-05-2024,18:00 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Minuman yang dianjurkan untuk orang tua atau lansia adalah minuman dengan kandungan nutrisi dan gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan harian. Orang dengan usia lebih dari 65 tahun harus memperhatikan jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap harinya untuk menghindari masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan umum pada lansia, seperti gangguan pada indera pengecap, kemampuan mengunyah, dan kesehatan saluran pencernaan, serta penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, dan stroke, menjadi alasan utama untuk menyediakan menu makanan khusus lansia.

BACA JUGA:7 Jenis Buah Superfood Yang Bagus Dikonsumsi Lansia, Bisa Mengobati Pikun

Selain menyediakan makanan yang khusus disiapkan untuk lansia, penting juga untuk mengetahui jenis-jenis minuman yang dianjurkan untuk kesehatan mereka.

Minuman Kesehatan Untuk Orang Tua atau Lansia

Berikut adalah daftar buah dan sayur yang dapat dijadikan minuman untuk lansia:

1. Jus kale untuk kesehatan mata

Jus kale merupakan sumber cairan yang baik untuk lansia karena mengandung lutein dan zeaxanthin, nutrisi yang penting untuk melindungi penglihatan seiring bertambahnya usia.

2. Jus semangka untuk perlindungan kanker

Selain menyegarkan, semangka kaya akan likopen, nutrisi yang dapat membantu melindungi terhadap kanker payudara dan prostat.

3. Jus peterseli untuk pengaturan gula darah

Peterseli mengandung apigenin, nutrisi yang dapat membantu mengatur gula darah dan mencegah diabetes.

4. Jus bok choy untuk kesehatan tulang

Bok choy atau kubis Cina mengandung tinggi kalsium, yang mendukung kesehatan tulang, sangat penting bagi lansia.

5. Jus tomat untuk kesehatan kulit dan jantung

Jus tomat kaya akan vitamin C dan likopen, antioksidan yang mendukung kesehatan kulit dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, konsumsi harus dijaga agar tidak berlebihan karena dapat meningkatkan tekanan darah.

6. Jus bit untuk menurunkan risiko penyakit jantung

Minuman jus bit ini sangat baik untuk orang tua karena mengandung betalain, pigmen yang memberi warna merah pekat pada sayuran. Betalain berperan sebagai antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, peradangan, dan beberapa jenis kanker.

Selain itu, jus bit kaya akan nitrat anorganik yang terbukti meningkatkan kinerja atletik, menurunkan tekanan darah, dan juga menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Jus jeruk bali untuk pengencer darah

Jus jeruk bali mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin C dan naringin, senyawa yang dikenal memiliki efek sebagai pengencer darah.

Penting untuk diketahui bahwa jeruk bali dan jusnya dapat berinteraksi dengan lebih dari 85 obat, termasuk pengencer darah, antidepresan, serta obat-obatan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

8. Jus prune untuk mengatasi sembelit

Jus prune kaya akan vitamin B yang berperan dalam metabolisme, produksi DNA, sel darah merah, serta kesehatan kulit dan mata.

Selain itu, jus prune sering digunakan sebagai obat untuk sembelit, terutama pada populasi lanjut usia. Kandungan seratnya dapat membantu melunakkan tinja dan bertindak sebagai pencahar ringan. Jus prune juga merupakan sumber antioksidan baik seperti vitamin C dan senyawa fenolik.

9. Jus bayam untuk mencegah anemia

Bayam kaya akan vitamin dan mineral penting untuk kesehatan, terutama pada lansia. Vitamin A, B kompleks, C, E, dan K serta mineral seperti zat besi, magnesium, potasium, asam folat, sodium, dan kalium, semuanya bermanfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA:Rekomendasi 7 Makanan Yang Sehat dan Mengenyangkan Untuk Lansia yang Punya Gigi Ompong

Konsumsi jus bayam secara rutin dapat membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan, termasuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah dan hemoglobin, karena kandungan zat besi yang tinggi pada bayam.

10. Jus belimbing untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Buah belimbing atau Averrhoa carambola, yang banyak tumbuh di negara-negara tropis, kaya akan vitamin C dan rendah kalori. Mengkonsumsi buah belimbing ukuran sedang sudah cukup untuk memenuhi 52% kebutuhan harian akan vitamin C.

Selain vitamin C, buah belimbing juga mengandung mineral seperti zat besi, mangan, potasium, magnesium, dan seng, yang membantu memperkuat sistem imun tubuh serta berperan sebagai detoksifikasi tubuh dari racun.

 

Kategori :