Anak Akuntansi Wajib Tahu! Rumus Excel yang Sering Digunakan untuk mempermudah Pekerjaan

Sabtu 25-05-2024,20:50 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Microsoft Excel merupakan perangkat lunak yang umumnya digunakan di lingkungan kerja. Saat ini, banyak pekerjaan mengharuskan para pencari kerja memiliki keterampilan menggunakan Excel, termasuk profesi seperti akuntan, data analyst, dan pemasaran.

Excel digunakan untuk mengorganisir berbagai tingkat data, mengelola teks, serta membuat diagram dan grafik, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.

Terdapat beberapa rumus Excel yang sering digunakan untuk mengolah data, apa saja? Yuk cari tahu!

Rumus Excel yang Sering Digunakan

SUM

Rumus SUM pada Excel digunakan untuk totalisasi angka pada rentang sel tertentu. Sebagai contoh, apabila Kamu ingin menjumlahkan angka dari sel A2 hingga A10, rumus yang digunakan adalah:

=SUM(A2:A6)

MAX dan MIN

MAX dan MIN merupakan rumus Excel yang berperan dalam mencari nilai tertinggi atau terendah dalam rentetan sel yang berisikan angka.

Contoh penggunaannya adalah saat mencari nilai maksimum dan minimum dari data penjualan selama Januari 2020 hingga Januari 2021. Silakan masukkan data penjualan pada satu sel secara berurutan (misalnya dari sel A2 hingga A13), lalu gunakan rumus berikut:

Terbesar: =MAX(A2:A13)

Terkecil: =MIN(A2:A13)

AVERAGE

Fungsi rumus Excel AVERAGE adalah untuk menghitung rata-rata angka dalam sejumlah sel. Misalnya, apabila Kamu ingin menghitung rata-rata nilai mata kuliah dari sel A2 hingga A20, rumus yang diterapkan adalah:

Kategori :