Bisa Menurunkan Kecerdasan Anak, Berikut Bahaya Anak Main HP yang Harus Moms Tahu!

Sabtu 25-05-2024,23:28 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID -  Memberikan anak kesempatan untuk menggunakan HP atau gadget dapat memiliki efek baik dan buruk pada perkembangannya.

Situasi ini seringkali menjadi dilema bagi para orang tua. Penggunaan HP adalah bagian tak terhindarkan dari kehidupan kita saat ini, dan ini juga berlaku untuk anak-anak.

Seringkali kita melihat anak-anak yang sulit dipisahkan dari HP mereka, bukan?

 Melarang nak main HP kini bukan solusi efektif. Sebaliknya, larangan semacam itu bisa berdampak negatif karena menghalangi anak-anak dari beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Anak bermain HP tidak hanya menimbulkan dampak positif, namun juga dapat berdampak negatif ya Moms. Karena itulah Moms perlu mengawasi dan memberikan arahan kepada anak agar dampak negatif bermain HP bisa dihindari.

Apa saja dampak negatif atau bahaya anak main HP? Yuk cari tahu!

Bahaya Anak Main HP

1. Kurangnya Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif

Anak-anak cenderung kehilangan kemampuan untuk berpikir secara kritis dan kreatif karena ketergantungan mereka pada internet. Mereka lebih suka menerima informasi yang telah ada daripada menciptakan hal-hal baru, yang berdampak pada kurangnya latihan pikiran analitis dan kreatif.

2. Menurunnya Konsentrasi, Daya Ingat, dan Ketekunan

Penggunaan HP secara berlebihan dapat mengurangi konsentrasi anak, terutama ketika mereka tidak lagi menggunakan HP  tersebut. Mereka cenderung menjadi mudah teralihkan dan gelisah tanpa HP, mengganggu kemampuan mereka untuk fokus pada tugas yang sedang mereka lakukan.

Daya ingat juga mungkin menurun karena mereka bergantung pada HP untuk menyimpan informasi, dan kurangnya ketekunan juga dapat terjadi karena kurangnya motivasi untuk belajar dan mencari solusi masalah secara mandiri, mengingat semua informasi mudah ditemukan di internet.

3. Menghambat Pengembangan Keterampilan Sosial

Anak-anak sering menghabiskan waktu yang lama dengan HP, yang mengurangi interaksi mereka dengan teman sebaya dan menghambat perkembangan keterampilan sosial. Kurangnya interaksi sosial dapat membuat mereka kesulitan dalam bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri mereka.

Selain itu, ketidaktahuan mereka tentang dunia di luar ruangan juga bisa berdampak negatif. Meskipun mereka dapat mempelajari tentang alam melalui layar, pengalaman langsung dengan alam memiliki nilai yang berbeda. Melalui pengalaman langsung, anak-anak dapat lebih memahami flora dan fauna serta keindahan alam secara mendalam.

Terlebih lagi, kegiatan fisik di alam juga memberikan manfaat kesehatan yang penting bagi pertumbuhan tulang dan otot anak-anak.

Manfaat Anak Main HP

Sebetulnya, penggunaan gadget memiliki banyak keuntungan bagi anak-anak, baik dalam meningkatkan pengetahuan maupun kemampuan visual mereka.

Meskipun demikian, penggunaan gadget oleh anak-anak juga memiliki sisi negatifnya, terutama jika digunakan secara berlebihan.

Berikut beberapa manfaat anak main HP jika digunakan dengan baik.

1. Kemudahan dalam Pembelajaran Keterampilan Baru

Salah satu keuntungan utama dari penggunaan gadget oleh anak-anak adalah kemampuannya untuk mempelajari keterampilan baru dengan mudah.

Dengan bantuan gadget, anak-anak dapat mengakses berbagai informasi, video, dan game edukatif. Dengan pengawasan yang tepat, anak-anak dapat belajar banyak hal baru melalui konten-konten yang mereka akses.

Selain itu, anak-anak juga dapat belajar bahasa asing melalui berbagai sumber yang tersedia di internet, baik dalam bentuk video maupun game.

2. Akses Mudah dan Efisien terhadap Informasi

Penggunaan HP juga memberikan kemudahan bagi anak-anak untuk mendapatkan informasi.

Anak-anak sering kali memiliki rasa ingin tahu yang besar, dan mereka dapat menggunakan internet untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka.

Tentu saja, penggunaan HP oleh anak-anak harus tetap diawasi oleh orang tua untuk memastikan bahwa mereka tidak mengakses konten yang tidak sesuai dengan usia mereka.

3. Meningkatkan Kemampuan Visual dan Spasial

Tampaknya, manfaat dari bermain HP juga dapat meningkatkan kemampuan visual anak. Dengan beragam warna dan bentuk gambar yang ada di gadget, kemampuan visual anak akan terasah.

Mereka dapat mengidentifikasi gambar-gambar dengan lebih baik dan belajar tentang berbagai warna. Jika anak memiliki kemampuan visual spasial yang baik, ini berarti mereka mampu berpikir dan memproses informasi secara visual.

Mereka dapat membayangkan informasi dalam bentuk visual dua atau tiga dimensi dalam pikiran mereka.

Kemampuan ini membuat mereka lebih cepat dalam menanggapi dan mampu menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks.

4. Menambah Pengetahuan Umum

Manfaat lain yang bisa didapatkan anak adalah kemampuan untuk mengembangkan dan memperluas pengetahuan mereka. Misalnya, anak bisa memperoleh pengetahuan baru saat menonton film kartun melalui HP.

Karena tayangan anak-anak saat ini sering kali menyampaikan berbagai informasi penting, seperti cara menghadapi bencana alam, langkah-langkah pencegahan penyakit, atau nilai-nilai moral, yang disajikan dalam animasi yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak.

Itulah manfaat dan bahaya anak main HP yang bisa Moms ketahui. Agar si Kecil bisa merasakan manfaatnya, Moms perlu mengawasi penggunaan HP pada anak.***

Kategori :