Tips Membawa Bayi saat Naik Pesawat agar Tidak Rewel

Senin 27-05-2024,09:58 WIB
Editor : Ilham Prayogi

5. Sebelum pesawat lepas landas, tutup kedua lubang telinga bayi dengan kapas lembut untuk mengurangi efek kebisingan di dalam pesawat.

6. Sediakan ASI untuk bayi saat pesawat lepas landas dan mendarat untuk mengurangi risiko ketidaknyamanan pada telinga bayi.

Selain itu, terdapat beberapa tips membawa bayi naik pesawat lainnya, berikut ini.

Perhatikan persyaratan usia bayi setiap maskapai

Setiap maskapai memiliki ketentuan mengenai usia bayi yang diizinkan untuk melakukan perjalanan udara. Pada maskapai Lion Group dan Sriwijaya Group, bayi yang berusia kurang dari dua hari tidak diperbolehkan naik pesawat.

BACA JUGA:Nonton One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi-Tsuki Episode 9 sub Indo: 'Tak Usah Takut'

Bayi usia tiga hingga tujuh hari memerlukan surat keterangan medis dari dokter yang menyatakan kesehatannya untuk melakukan penerbangan, yang harus dibuat paling lambat 72 jam sebelum keberangkatan.

Bagi penumpang Garuda Indonesia, bayi di bawah tujuh hari tidak disarankan untuk terbang, namun bayi prematur dapat naik pesawat dengan melampirkan dokumen Medical Information (MEDIF) dan memberi laporan kondisi tersebut kepada petugas darat, serta melaporkan identitas bayi sebelum keberangkatan.

Maskapai Citilink tidak mengizinkan bayi yang berusia kurang dari tiga minggu untuk terbang, kecuali dengan surat keterangan dokter dan surat Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas yang ditandatangani oleh orang tua. Sehingga, bayi yang berusia satu bulan dapat melakukan perjalanan udara.

Terakhir, pada Air Asia, bayi hanya diizinkan ikut jika berada dalam pangkuan penumpang dewasa, dengan batasan satu bayi untuk satu penumpang dewasa.

BACA JUGA:Nonton Tensei Kizoku, Kantei Skill De Nariagaru Episode 8 Indo sub: 'Generasi Baru'

Bayi yang berusia kurang dari delapan hari dapat terbang dengan menyertakan surat keterangan dokter dan Surat Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas yang harus ditandatangani oleh orang tua saat check-in bandara, sesuai informasi yang diambil dari Medium.

Berpakaian Berlapis

Menyarankan untuk membawa bayi berpakaian nyaman dan berlapis-lapis, mengingat adanya fluktuasi suhu yang cukup signifikan selama penerbangan. 

Disarankan untuk menggunakan pakaian dengan resleting, serta pastikan bayi mengenakan pakaian yang dapat menyerap keringat. 

Kategori :