Ingin Cepat Diterima Kerja Setelah Lulus Kuliah? Ikuti 5 Cara Ini yang Harus Kamu Lakukan

Senin 08-07-2024,09:00 WIB
Reporter : Zaidiyah
Editor : Zaidiyah

Lulus tepat waktu adalah impian setiap mahasiswa. Setelah lulus, beban mereka akan hilang seketika tanpa memikirkan tugas skripsi lagi.

 

Namun, di samping itu justru mereka juga akan dihadapkan dengan tujuan lainnya, yaitu bekerja. Masing-masing dari kita tentunya ingin bekerja sesuai fashion atau kesukaan berdasarkan kemampuan kita.

 

Title sarjana pasti ingin dimanfaatkan bukan? Tetapi hal itu tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan. Kita pasti pernah mendengar bahwa lulusan sarjana pun kemungkinan akan sulit mendapat pekerjaan.

 

Maka dari itu, yuk simak artikel kali ini untuk mengetahui beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah.

 

BACA JUGA:Revisi UU Desa Resmi Disahkan, Perangkat dan Pekerja Ekosistem Desa Dilindungi Jamsostek

 

Untuk bisa cepat diterima kerja setelah lulus kuliah, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

 

1. Tingkatkan Skill dan Tunjukkan Karakter yang Baik

Pengetahuan dari bangku kuliah sangat mendukung untuk mendapatkan pekerjaan impian, namun skill dan karakter yang baik juga sangat penting. Jangan takut untuk menunjukkan karakter yang baik dan menajamkan skill yang Anda miliki.

 

2. Bangun Banyak Relasi

Mencari banyak teman, mengikuti kegiatan kemahasiswaan, dan menjadi volunteer atau relawan dapat membantu memperluas jaringan relasi yang dapat mempermudah Anda untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

 

3. Lakukan Magang atau Kerja Part Time

- Memanfaatkan waktu luang di semester akhir untuk magang di sebuah perusahaan dapat membantu Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja yang berharga. Selain itu, bekerja part time juga dapat memberikan pengalaman dunia kerja yang berguna.

 

BACA JUGA:Mahasiswa Unsika Sedang KKN? Intip 7 Ide Program Kerja yang Bisa Berdampak Bagi Masyarakat Setempat

 

4. Perbanyak Informasi Lowongan Pekerjaan

- Luangkan waktu untuk mencari referensi pekerjaan yang sesuai dengan bidang Anda. Informasi seputar lowongan pekerjaan bisa didapatkan di platform pencarian kerja, sosial media, atau melalui referensi dari orang-orang terdekat.

 

5. Tentukan Ekspektasi yang Realistis

- Tentukan ekspektasi yang realistis agar Anda dapat diterima kerja. Selalu update profil profesional secara berkala untuk meningkatkan peluang diterima kerja.

 

BACA JUGA:10 Cara Jitu Konsisten Merevisi Skripsi Selama Bimbingan, Lakukan Tips Ini Jika Ingin Lulus Cepat

 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk cepat diterima kerja setelah lulus kuliah.

Kategori :