Inilah Beberapa Tingkatan Lulusan di Wisuda dan Tips Mendapat Predikat Cumlaude yang Harus Mahasiswa Tahu

Senin 08-07-2024,09:45 WIB
Reporter : Zaidiyah
Editor : Zaidiyah

Ketika menghadiri acara wisuda, kita akan mendengar nama mahasiswa yang disebut ke depan sekaligus dengan title predikat yang dia dapatkan.

 

Tingkatan yang umum seringkali didengar adalah predikat Cumlaude. Setiap mahasiswa pasti ingin mendapatkan predikat tersebut. Namun, untuk mendapatkannya juga perlu ada usaha yang dilakukan.

 

Sebelum itu, yuk kita cari tahu terlebih dahulu apa saja tingkatan predikat lulusan saat wisuda yang harus kamu tahu. Jadi, t ingkatan predikat lulusan saat wisuda dapat bervariasi tergantung pada pencapaian akademis mahasiswa.

 

Beberapa predikat umum yang diberikan kepada lulusan termasuk Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Summa Cumlaude. Predikat ini mencerminkan pencapaian akademis yang luar biasa, dengan persyaratan IPK tertentu dan ketepatan waktu menyelesaikan studi.

 

BACA JUGA:Jangan Bingung, Tips Outfit yang Cocok untuk Menghadiri Acara Wisuda Teman

 

Misalnya, Cumlaude biasanya diberikan kepada mahasiswa dengan IPK antara 3,50-3,69, Magna Cumlaude untuk IPK antara 3,70-3,79, dan Summa Cumlaude untuk IPK di atas 3,80 hingga sempurna yaitu 4,00. Predikat ini merupakan pengakuan atas prestasi akademis yang luar biasa dan dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi lulusan, seperti nilai tambahan saat melamar pekerjaan.

 

Lantas, apa saja cara yang bisa kita lakukan agar bisa meraih predikat Cumlaude saat wisuda? Berikut adalah beberapa tips untuk dapat meraih predikat cumlaude:

 

1. Maksimalkan Semua Mata Kuliah

   - Usahakan untuk mendapatkan nilai yang tinggi dalam semua mata kuliah sejak awal kuliah. Pikirkan bahwa setiap mata kuliah harus diperhatikan dengan serius dan tidak boleh diabaikan.

 

BACA JUGA:Tips Menjaga Makeup Agar Tetap Awet, Dijamin Kamu Bakal Tampil Cantik Seharian saat Wisuda

 

2. Perhatikan Waktu Penyelesaian Studi

   - Pastikan untuk menyelesaikan studi tepat waktu tanpa perlu mengulang mata kuliah. Konsistensi dalam menyelesaikan studi sesuai jadwal dapat menjadi faktor penting.

 

3. Aktif dalam Diskusi Kelas

   - Terlibat aktif dalam diskusi kelas, bertanya, dan memberikan pendapat dapat membantu memahami materi dengan lebih baik.

 

BACA JUGA:Kamu Akan Ikut Wisuda Juli 2024? Inilah Gambaran Umum Rangkaian Acaranya yang Bisa Kamu Katahui

 

4. Hindari Mengulang Mata Kuliah

   - Usahakan untuk tidak mengulang mata kuliah, karena hal ini dapat memengaruhi pencapaian IPK yang tinggi.

 

Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan peluang untuk meraih predikat cumlaude saat wisuda. Semoga bermanfaat ya sobat.

Kategori :