Pemdes Muarabaru Bersama Pokdarwis Cipta Pesona Desa Ingin Wujudkan Desa Wisata ''Pesona Dewi Mangrove''

Kamis 11-07-2024,18:52 WIB
Reporter : Siska
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Desa Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan berkolaborasi bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cipta Pesona Desa ingin mewujudkan desa wisata "Pesona Dewi Mangrove".

Kepala Desa Muarabaru Ato Sukanto menyampaikan, pesisir Pantai Muarabaru memiliki kawasan konservasi mangrove yang dapat dijadikan potensi desa wisata. 

"Kawasan konservasi mangrove ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat yang diinisiasi oleh kelompok lingkungan hidup Cipta Pesona Desa, mereka juga sebagai kelmpok tani hutan atau KTH disini," ujar Ato kepada karawangbekasi.disway.id, Kamis, 11 Juli 2024.

Ato menjelaskan, untuk mengembangkan kawasan konservasi ini, Pemdes Muarabaru bersama Pokdarwis Cipta Pesona Desa berkolaborasi dengan berbagai perusahaan, Pemerintah Kabupaten Karawang, dan Pemerintah Provinsi Jabar dalam melakukan penanaman mangrove.

BACA JUGA:Perindo Karawang Akan Jadi Inisiator Buka Poros Baru Koalisi Partai Non Parlemen di Pilkada 2024

"Alhamdulillah banyak perusahaan yang memberikan CSR kepada kami dan tentunya kami juga mendapatkan perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup Karawang dan Dinas Kehutanan Provinsi Jabar," tutur Ato.

Ia memaparkan, saat ini Pemkab Karawang terus mendorong kepada Pemerintah Desa untuk mewujudkan desa wisata sesuai dengan potensi di wilayah masing-masing.

"Maka kami berkeinginan agar kawasan konservasi mangrove ini bisa menjadi potensi untuk mewujdkan desa wisata di Desa Muarabaru," ungkap Ato.

Ato mengatakan, pihaknya sudah mulai merancang konsep desa wisata yang akan direalisasikan di Desa Muarabaru. Desa wisata ini ditarget dapat terwujud dalam waktu tiga tahun kedepan.

BACA JUGA:Judi Online Semakin Merajalela, Bupati Aep Ancam Pecat ASN Jika Ketahuan Bermain Judol

"Kami bersama Pokdarwis Cipta Pesona Desa berencana akan membangun desa wisata yang dinamai Pesona Dewi Mangrove. Semoga bisa terealisasi dalam tiga tahun kedepan," tandas Ato.

Ia memaparkan, keberadaan desa wisata sangat penting untuk menunjang perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat.

"Karena desa wisata dapat meningkatkan pendapatan desa atau masyarakat dan membuka lapangan kerja, serta peningkatan keterampilan masyarakat. Disamping itu juga dapat meningkatan infrastruktur desa," kata Ato.

Ia sangat mengapresiasi atas dedikasi yang telah ditunjukkan oleh Pokdarwis Cipta Pesona Desa yang telah mengelola konservasi mangrove dengan cukup baik dan memiliki keinginan yang sama untuk menciptakan desa wisata.

Kategori :