Jangan Bingung Lagi, Inilah 6 Rekomendasi Menu Sarapan untuk Anak SD

Jumat 19-07-2024,18:40 WIB
Reporter : Zaidiyah
Editor : Zaidiyah

Sarapan, atau makan pagi, adalah keadaan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 09.00 pagi. Sarapan dianjurkan untuk menyantap makanan yang ringan bagi kerja pencernaan, dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi, protein yang cukup, namun dengan kadar lemak rendah.

Sarapan pagi adalah makanan yang dimakan pada saat pagi hari sebelum memulai aktivitas. Sarapan pagi harus mengandung karbohidrat, protein, rendah lemak, tinggi serat, dan cukup vitamin. Energi yang dibutuhkan pada anak-anak adalah sekitar 20-25% dari total energi sehari.

Sarapan memang penting karena dapat membantu memperbaiki gula darah yang rendah setelah bangun pagi, serta berkontribusi pada fungsi otak anak. Anak yang sarapan dengan rutin memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding yang makan pagi sesekali.

 

Dengan demikian, sarapan pagi memiliki peran penting dalam memberikan energi, memperbaiki gula darah, dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk memulai aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:7 Tips Mengajarkan Siswa Kelas 1 SD agar Bisa Membaca dengan Mahir

Berikut adalah beberapa rekomendasi menu sarapan untuk anak SD berdasarkan sumber yang ditemukan:

1. Sandwich atau Roti Isi:

Menu ini sederhana namun mengenyangkan. Dapat menggunakan roti tawar, daun selada, tomat, keju slice, dan telur. Juga bisa ditambahkan daging asap jika diinginkan.

2. Sereal dengan Susu Sapi Murni:

Pilih sereal dengan bentuk menarik agar anak tertarik untuk makan. Sereal dapat disajikan dengan susu sapi murni untuk tambahan nilai gizi.

3. Bubur Sumsum:

Bubur sumsum terbuat dari tepung beras dan cocok untuk mengganjal perut di pagi hari.

BACA JUGA:7 Menu Sarapan Pagi yang Cocok Dikonsumsi Sebelum Olahraga, Dijamin Gak Bikin Kamu Mual

Kategori :