Sebentar Lagi Sidang Skripsi Namun Masih Bingung, Ini Hal Yang Harus Dipersiapkan

Rabu 24-07-2024,06:31 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

 

Sidang skripsi merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa jika ingin lulus dari jurusan tersebut. Tentunya ada beberapa hal yang harus mahasiswa persiapkan sebelum melaksanakan sidang. Sebelum menghadapi sidang skripsi, mahasiswa harus menguasai beberapa hal penting berikut:

1. Materi Skripsi:

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian: Mahasiswa harus memahami alasan penelitian dilakukan dan tujuan yang ingin dicapai.

Metodologi Penelitian: Menguasai metode yang digunakan dalam penelitian, termasuk desain penelitian, teknik pengumpulan data, dan metode analisis.

Hasil Penelitian: Memahami dan bisa menjelaskan temuan utama penelitian secara detail.

Pembahasan dan Kesimpulan: Kalian harus mengerti bagaimana hasil penelitian diinterpretasikan dan kesimpulan apa yang bisa diambil.

Kontribusi Penelitian: Mengetahui bagaimana penelitian tersebut berkontribusi terhadap bidang studi atau aplikasi praktis.

2. Literatur dan Referensi:

Menguasai teori-teori utama dan literatur yang menjadi dasar penelitian. Mampu menghubungkan hasil penelitian dengan literatur yang ada. Lakukanlah dengan sebaik-baiknya dan jujur. 

3. Keterampilan Presentasi:

Mampu menyusun dan menyampaikan presentasi yang jelas, ringkas, dan menarik. Menggunakan alat bantu visual seperti slide PowerPoint dengan efektif. Buatlah slide presentasi yang tidak monoton dan ringkas. Hal itu akan memudahkan kalian dalam penyampaian presentasi nantinya.

4. Kemampuan Menjawab Pertanyaan:

Siapkan diri untuk menjawab pertanyaan dari penguji dengan jelas dan tegas. Berlatih menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan, baik yang bersifat teknis maupun konseptual. Kalian dapat mencari pertanyaan apa saja yang biasanya muncul ketika sidang skripsi.

Tags :
Kategori :

Terkait