Gunakan Bahan yang Ada di Rumah, Cara Membersihkan Kerak di Wajan yang Hitam

Kamis 25-07-2024,19:21 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

Untuk membersihkan kerak gosong pada wajan, kamu juga bisa menggunakan cuka sebagai bahan pembersih yang efektif. Cuka mempunyai sifat-sifat kimia yang dapat membantu membersihkan kerak pada wajan.

 

Cuka merupakan asam asetat, sehingga bisa membantu mengatasi noda dan kerak gosong pada permukaan wajan. Sifat asam dalam cuka dapat membantu melarutkan kerak dan noda.

 

Selain mengangkat kerak pada wajan, cuka bersifat desinfektan yang dapat membantu dalam membunuh bateri dan mikroorganisme yang terdapat pada permukaan wajan.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Noda Membandel di Tas Putih, Bisa Dilakukan Dengan Bahan Sederhana!

 

Wajan yang gosong biasanya akan menimbulkan bau karena bahan makanan yang terbakar. Cuka menjadi agen penyerap bau, sehingga dapat membantu dalam menghilangkan bau akibat terbakar pada wajan.

 

Agar kerak hitam pada wajan gosong dapat terangkat, kamu bisa menuangkan cuka ke dalam wajan, lalu tambahkan sedikit air. Kemudian panaskan hingga mendidih, biarkan dingin, dan bersihkan noda dengan spons atau sikat.

 

Ketika cuka kita campur dengan air panas, ia dapat merespon dengan komponen noda dan kerak gosong, mengubah sifat kimianya. Ini dapat melunakkan kerak dan membuatnya lebih mudah dihapus.

 

Penting untuk kamu catat bahwa cuka yang umumnya digunakan untuk membersihkan wajan adalah cuka putih biasa atau cuka sari apel. Sebaiknya hindari penggunaan cuka yang sangat kuat, seperti cuka konsentrat, karena dapat merusak permukaan wajan.

 

Kategori :