World Hepatitis Day: Dinkes Karawang Ajak Masyarakat Kenali dan Cegah Hepatitis

Selasa 30-07-2024,14:53 WIB
Reporter : Siska
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang mengajak masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam mencegah infeksi dan penularan Hepatitis.

Kepala Dinas Kesehatan Karawang Endang Suryadi menyampaikan, Hepatitis berasal dari kata hepar yang artinya hati/liver dan itis artinya radang atau peradangan.

Jadi Hepatitis artinya perdangan pada hati. Hepatitis dapat disebabkan oleh infeksi (virus, bakteri, parasite, jamur) dan Non infeksi (obat-obatan, alcohol, perlemakan. 

"Maka melalui peringatan Hari Hepatitis Sedunia atau World Hepatitis Day yang digelar setiap satu tahun sekali pada tanggal 28 Juli, kami berharap masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan serta kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam mencegah infeksi dan penularan Hepatitis," katanya, Selasa, 30 Juli 2024.

BACA JUGA:Pelaku Usaha Budidaya ikan di Kabupaten Bekasi Butuh Regulasi

BACA JUGA:Nonton Mayonaka Punch (Midnight Punch) Episode 4 sub Indonesia

Ia memaparkan, Hepatitis yang disebabkan oleh virus yaitu virus Hepatitis A,B,C,D,dan E dibedakan menjadi Hepatitis A , Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D dan Hepatitis E. Hepatitis A dan E ditularkan melalui enteral (fekal oral atau kotoran melalui mulut).

"Sedangkan Hepatitis B,C dan D ditularkan melalui parenteral (melalui darah dan cairan tubuh yang ditularkan lewat hubungan seks, darah, penggunaan jarum suntik, donor darah dan sebagainya," ujarnya. 

Selain itu penularan Hepatitis juga dapat terjadi secara vertical dari ibu ke janin atau bayi yang dilahirkan (Hepatis B dan C) dan secara horizontal dari orang yang menderita Hepatitis ditularkan ke orang lain ( Hepatitis A,B,C,D,E). 

"Hepatitis berdasarkan proses penyakitnya dibedakan menjadi Hepatitis akut dan Hepatitis kronis. Hepatitis akut dimana virus berada dalam tubuh manusia kurang dari 6 bulan, sedangkan Hepatitis kronis lebih dari 6 bulan," paparnya.

BACA JUGA:World Hepatitis Day: Dinkes Karawang Ajak Masyarakat Kenali dan Cegah Hepatitis

BACA JUGA:Nonton Shinmai Ossan Boukensha Episode 5 Sub Indo

Hepatitis A dan E prosesnya akut sedangkan Hepatitis virus B,C, dan D dapat menjadi Hepatitis kronis. Di antara 5 jenis Hepatitis yang paling berbahaya adalah Hepatitis B dan C karena dapat menjadi sirosis hepatis dan kanker hati yang dapat menyebabkan kematian. 

Penularan Hepatitis B sebagian besar (95%) ditularkan secara vertikal dari Ibu hamil penderita Hepatitis B ke bayi yang dilahirkan dan 5 % secara horizontal pada populasi beresiko pengguna narkoba suntik, tato, Warga Binaan Pemasyarakatan, Lelaki Sex Lelaki, waria, penderita HIV. 

Kategori :