Bukan Sekedar Menyuntik Infusan, Inilah 10 Tugas Perawat Rumah Sakit yang Perlu Kamu Tahu

Rabu 18-09-2024,22:27 WIB
Reporter : Zaidiyah
Editor : Zaidiyah

Menjadi seorang perawat atau ners adalah impian semua orang. Seseorang yang memilih menjadi perawat akan mendedikasikan dirinya untuk membantu para pasien melawan penyakitnya. 

Menjadi seorang perawat juga tidaklah mudah. Mereka harus kuliah mulai dari tingkat D3, Sarjana, bahkan harus mengambil sekolah profesi lagi. 

Hal ini menunjukkan bahwa perawat adalah bukan sembarang orang yang bisa bekerja untuk membantu para pasien. Lalu, apakah tugas dari seorang perawat? Apakah hanya menyuntik obat infusan? Untuk lebih lengkap, yuk kita simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:Perhatikan 6 Hal Ini untuk Menjadi Perawat yang Baik dan Profesional

Tugas Perawat di Rumah Sakit

Perawat memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kesehatan, terutama di rumah sakit. Berikut adalah sepuluh tugas utama perawat yang wajib diketahui:

1. Penyedia Perawatan Langsung  

   Perawat bertanggung jawab untuk memberikan perawatan langsung kepada pasien, termasuk memantau kondisi kesehatan dan memberikan obat sesuai dengan resep dokter.

2. Mengadvokasi Pasien 

   Perawat berperan sebagai advokat bagi pasien, memastikan bahwa hak-hak mereka dihormati dan kebutuhan mereka terpenuhi selama perawatan.

BACA JUGA:5 Jenis Makanan yang Bisa Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Jahit Pasca Operasi

3. Edukator Kesehatan  

   Perawat juga berfungsi sebagai pendidik, memberikan informasi kepada pasien dan keluarga tentang kondisi kesehatan, pengobatan, dan cara menjaga kesehatan.

4. Pemantauan Kondisi Pasien  

Kategori :