Rekomendasi Makanan Bebas Gluten yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Minggu 22-09-2024,11:01 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID -  Gluten adalah sekelompok protein yang terdapat dalam beberapa jenis biji-bijian, seperti gandum, jelai (barley), dan gandum hitam (rye), serta produk olahannya seperti roti, kue, sereal, dan pasta. Gluten berfungsi untuk mempertahankan bentuk makanan dengan membuat tekstur lebih elastis dan kenyal.

 

Bagi mereka yang memiliki intoleransi gluten atau penyakit celiac, konsumsi gluten bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk kerusakan pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, kelompok ini disarankan untuk memilih makanan gluten free guna menghindari komplikasi.

BACA JUGA:Bukan untuk Program Turunkan Berat Badan, Berikut Pro dan Kontra Diet Bebas Gluten

 

Berikut beberapa rekomendasi makanan bebas gluten yang dapat kamu konsumsi:

 

1. Quinoa 

 

Quinoa adalah biji-bijian bebas gluten yang kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi gluten.

 

2. Beras Merah

 

Beras merah, yang secara alami bebas dari gluten, sering digunakan sebagai pengganti nasi putih karena mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Ini menjadi pilihan yang cocok untuk menu sehari-hari.

 

3. Sorgum

 

Sorgum juga merupakan biji-bijian dengan karbohidrat kompleks dan tanpa gluten, sehingga baik untuk pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Tepung sorgum sering digunakan sebagai pengganti tepung terigu dalam pembuatan roti dan kue yang aman untuk penderita celiac.

 

4. Buah-buahan dan Sayuran Segar

 

Semua buah-buahan dan sayuran segar secara alami bebas gluten, sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang intoleran terhadap gluten. Beberapa contohnya adalah apel, pisang, jeruk, dan sayuran hijau seperti bayam dan kentang.

BACA JUGA:Viral Karena Diet Prilly Latuconsina, Buah Lontar Ini Kaya Akan Manfaat Lho!

 

5. Jamur

 

Jamur juga merupakan makanan gluten free dan kaya vitamin serta mineral. Beberapa jenis jamur yang bisa kamu konsumsi meliputi jamur shitake, oyster, kancing, dan portobello.

 

6. Protein Hewani dan Nabati

Kategori :