Harumkan Jabar, Siswa SMAN 1 Ciampel Borong Enam Medali Emas PON XXI Aceh-Sumut 2024

Rabu 25-09-2024,10:09 WIB
Reporter : AYI
Editor : Redaksi

KARAWANG - Siswa SMAN 1 Ciampel (Smansapel), Arip Purnama berhasil mengharumkan nama Provinsi Jawa Barat (Jabar) di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Siswa yang duduk di bangku kelas XII IPA 5 ini memborong total enam medali emas cabor dayung.

Dalam hajatan olahraga empat tahunan antarprovinsi yang berlangsung 9-20 September 2024, enam medali emas disumbangkan Arip Purnama dari nomor tradisional boat race (TBR) putra 12 crew 200 meter, 500 meter dan 1.000 meter. Kemudian, TBR campuran 22 crew 200 meter, 500 meter dan 1.000 meter.

Atas sumbangan medali dari Arip Purnama, kontingen dayung Jabar kembali keluar sebagai juara umum dengan torehan 26 medali emas, empat perak, dan dua perunggu. Jabar unggul atas seluruh provinsi lainnya termasuk DKI Jakarta yang menempati posisi kedua dengan capaian empat emas, 12 perak, dan delapan perunggu.

Kepala SMAN 1 Ciampel, Hj. Dida Siti Sa'adah mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh Arip Purnama di PON. Menurutnya, Arip yang pernah membanggakan Indonesia di kejuaraan dunia dengan meraih emas ICF Stand Up Paddling World Championship di Thailand 2023, tak hanya mengharumkan nama sekolah dan Kecamatan Ciampel, tapi Karawang dan Jabar.

BACA JUGA:Haji Aep Cuti, Pj Gubernur Jabar Tunjuk Pjs Bupati Karawang

"Selamat kepada Arip Purnama. Prestasi diraih tentunya berkat tekad yang kuat, disiplin dan kerja keras dalam berlatih. Jangan berpuas diri, terus mengukir prestasi," ujar Hj. Dida, kepada KBE, Selasa (24/9/2024).

Hj. Dida berharap, pencapaian yang diraih Arip Purnama dapat menginspirasi siswa lainnya untuk ikut menorehkan prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik.

"Dengan memiliki prestasi tentunya akan menjadi bekal bagi siswa saat ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi maupun bekerja," kata Hj. Dida, yang juga menyampaikan sekolah telah melakukan penyambutan bersama komite sekolah, KCD Wilayah IV, Pemdes Mulyasari dan Pemerintah Kecamatan Ciampel pada Senin (23/9/2024).

Sekretaris Kecamatan Ciampel, H. Herman mengapresiasi kesuksesan Arip Purnama di bidang olahraga. Ia berharap prestasi yang diukir dapat memotivasi generasi muda yang ada di Kecamatan Ciampel khususnya, dan Karawang secara umum untuk terus berusaha dan berjuang mewujudkan mimpi.

BACA JUGA:Ribuan Hektar Lahan Pertanian di Wilayah Utara Kabupaten Bekasi Alami Kekeringan dan Kesulitan Air

"Ini contoh nyata bahwa dengan ulet, rajin dan bersungguh-sungguh prestasi bisa diraih. Semoga pencapaian Arip Purnama menjadi inspirasi bagi generasi muda dan teman-teman Arip di sekolah, sehingga ke depan bisa lahir Arip-Arip lainnya di Kecamatan Ciampel. Kami juga berharap suatu saat nanti Arip bisa menembus Olimpiade," ujar H. Herman.

Sementara itu, Arip Purnama mengaku bersyukur bisa mendapatkan enam medali emas. Terlebih, medali diborong dalam penampilan perdananya di perhelatan PON.

"Saya persembahkan medali untuk sekolah, keluarga, PODSI Karawang dan masyarakat Jabar," ucapnya.

Atlet kelahiran Karawang, 26 Maret 2006 ini menargetkan bisa terus mengukir prestasi hingga level tertinggi di masa yang akan datang.

Kategori :