Hal-hal Ini harus Kamu Perhatikan ketika Memasuki Musim Penghujan

Rabu 25-09-2024,19:20 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

 

Saat ini, di beberapa daerah di Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Memasuki musim hujan memerlukan beberapa persiapan untuk menjaga kesehatan, keamanan, dan kenyamanan, baik di rumah maupun dalam aktivitas sehari-hari. Tentunya persiapan yang dilakukan ketika memasuki musim hujan beda dengan ketika memasuki musim kemarau. Berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapkan:

1. Persiapan Fisik dan Kesehatan

Meningkatkan Imunitas: Musim hujan sering kali membawa peningkatan risiko penyakit seperti flu, demam, atau infeksi saluran pernapasan. Pastikan untuk menjaga imunitas tubuh dengan:

- Mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang kaya vitamin C dan D.

- Minum cukup air dan teh herbal untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

- Istirahat yang cukup dan menghindari kelelahan.

Sedia Obat-obatan: Siapkan obat-obatan dasar di rumah seperti obat flu, demam, serta multivitamin. Ini akan memudahkan jika tiba-tiba jatuh sakit.

2. Persiapan Rumah

Periksa Atap dan Talang Air: Pastikan atap dan talang air rumah dalam kondisi baik untuk menghindari kebocoran atau genangan air yang dapat merusak bangunan dan barang di dalam rumah.

- Bersihkan talang air dari daun dan kotoran yang bisa menyumbat aliran air.

- Cek atap rumah untuk melihat apakah ada genteng yang pecah atau bocor, dan segera perbaiki.

Periksa Saluran Air dan Drainase: Pastikan sistem pembuangan air di sekitar rumah berfungsi dengan baik untuk mencegah banjir lokal. Bersihkan selokan dari sampah dan lumpur yang bisa menyumbat aliran air.

Siapkan Pompa Air atau Ember: Jika rumah kamu berisiko banjir, siapkan alat untuk mengalirkan air, seperti pompa air atau ember untuk menguras genangan.

Kategori :