Jangan Panik! Lakukan Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Berikut Ini

Rabu 25-09-2024,21:58 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Asam lambung naik adalah kondisi yang seringkali menimbulkan ketidaknyamanan di perut. Kondisi ini dapat terjadi kapan saja, terutama saat kamu melewatkan waktu makan, mengalami stres, atau mengonsumsi makanan yang memicu peningkatan asam lambung.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa metode pertolongan pertama saat asam lambung naik, yuk simak!

Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Penderita GERD sering merasakan nyeri di ulu hati, perut kembung, mual, dan batuk kronis akibat asam lambung yang naik.

Kondisi ini dapat kambuh kapan saja dan sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan saat asam lambung naik:

1. Longgarkan Pakaian

Jika kamu mengalami asam lambung naik, langkah pertama adalah melonggarkan pakaian. Pakaian yang ketat, terutama di sekitar perut dan pinggang, dapat menambah tekanan pada lambung dan mendorong isi lambung naik ke kerongkongan. Hal ini bisa menyebabkan nyeri dan sensasi panas di ulu hati. Jadi, disarankan untuk melonggarkan ikat pinggang atau membuka kancing celana.

2. Angkat Kepala Sedikit Lebih Tinggi saat Berbaring

Ketika berbaring, posisikan kepala sedikit lebih tinggi. Ini dapat membantu meredakan asam lambung yang naik, terutama saat menjelang tidur. Posisi ini diketahui dapat mencegah cairan asam lambung naik ke kerongkongan. Jika kamu merasakan nyeri di ulu hati saat tidur, cobalah menggunakan bantal untuk menahan posisi tubuh pada sudut sekitar 30–45 derajat.

3. Tidur dengan Posisi Miring ke Kiri

Tidur miring ke kiri juga dapat membantu meredakan refluks asam lambung. Sebagian organ lambung terletak di sisi kiri perut bagian atas, sehingga posisi ini bisa mengurangi tekanan pada lambung. Penelitian pada tahun 2023 menunjukkan bahwa posisi tidur miring ke kiri lebih efektif dibandingkan posisi lainnya dalam mengurangi gejala GERD di malam hari.

4. Duduk dengan Posisi Tegak

Jika posisi tidur tidak membantu, cobalah duduk tegak. Posisi ini dapat mengurangi tekanan pada katup antara tenggorokan dan lambung, yang diharapkan dapat meredakan refluks asam lambung.

5. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa menjadi cara pertolongan pertama lainnya. Gerakan mengunyah dapat meningkatkan produksi air liur, yang membantu merangsang gerakan menelan lebih sering, sehingga dapat membersihkan cairan asam lambung di kerongkongan.

Kategori :