Bibir Sering Berdarah? Ini lho Cara Mengatasinya

Rabu 02-10-2024,23:12 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

Bibir sering berdarah biasanya disebabkan oleh kondisi yang membuat bibir kering, pecah-pecah, atau terluka. Hal tersebut juga menandakan bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan cairan sehingga menyebabkan bibir menjadi kering dan akhirnya berdarah. 

Untuk menghindari bibir yang berdarah dan pecah-pecah, kalian harus memperhatikan asupan air dalam tubuh harus selalu tercukupi. Selain itu, konsumsi buah dan sayur juga penting untuk membuat daya tahan tubuh kuat.

Berikut adalah beberapa penyebab umum dan cara mengatasinya:

Tips Mengatasi Bibir Berdarah

Penyebab Bibir Berdarah

1. Kekeringan dan Dehidrasi

Bibir adalah area yang sangat sensitif dan mudah kering karena tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit lainnya. Jika tubuh mengalami dehidrasi atau berada di lingkungan yang kering dan dingin, bibir dapat kehilangan kelembapannya, sehingga menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah hingga berdarah.

2. Cuaca Dingin atau Berangin

Selain karena kekeringan dan dehidrasi, bibir berdarah juga bisa disebabkan oleh cuaca yang dingin. Cuaca dingin dan berangin sering membuat bibir kering, yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan akhirnya berdarah. Kelembapan udara yang rendah selama musim dingin juga membuat bibir lebih cepat mengering.

3. Menjilat Bibir Berlebihan

Siapa disini yang memiliki kebiasaan menjilat bibir ketika dirasa bibir kering? Ternyata hal tersebut hanya dapat memperparah kekeringan di bibir lho. Saat bibir terasa kering, seringkali orang refleks menjilat bibir untuk melembapkannya. Namun, air liur justru menguap dengan cepat dan menarik lebih banyak kelembapan dari bibir, membuatnya lebih kering dan pecah.

BACA JUGA: 5 Zodiak Paling Beruntung Bulan Ini, Adakah Zodiakmu?

4. Alergi atau Iritasi Bahan Kimia

Beberapa produk, seperti lip balm, lipstik, atau pasta gigi, dapat mengandung bahan-bahan yang menyebabkan iritasi atau alergi pada bibir, seperti pewangi, pewarna, atau bahan kimia keras. Iritasi ini bisa menyebabkan bibir meradang, pecah, dan berdarah.

Kategori :