Ternyata Masih Banyak yang Sepelekan, Ketahui Pentingnya Imunisasi untuk Anak yuk Moms!

Kamis 03-10-2024,12:07 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Imunisasi adalah proses pemberian vaksin untuk membantu tubuh si kecil menjadi kebal terhadap penyakit tertentu.

Vaksin terbuat dari kuman yang sudah dilemahkan atau dimatikan, sehingga ketika diberikan, vaksin dapat merangsang tubuh untuk membentuk antibodi yang memperkuat sistem kekebalan. Pemberian vaksin ini sangat penting karena bisa melindungi anak dari berbagai penyakit menular di masa depan.

Selain melindungi si kecil dari penyakit serius, imunisasi juga berperan dalam melindungi masyarakat luas. Hal ini karena imunisasi dapat mencegah penyebaran penyakit di sekitar kita.

Di Indonesia, imunisasi rutin lengkap dibagi menjadi dua tahap: imunisasi dasar dan lanjutan. Jadwal pemberian imunisasi ini menyesuaikan dengan usia anak.

Imunisasi dasar penting untuk mencegah penyakit menular sejak dini, sementara imunisasi lanjutan berfungsi menjaga kekebalan tubuh anak seiring pertumbuhannya.

Ada juga imunisasi ulangan atau booster yang diberikan sebagai penguat kekebalan.

Namun, ternyata banyak orang tua yang menyepelekan imunisasi. Lalu, apa pentingnya imunisasi untuk anak?

BACA JUGA:Ada Bintik Putih di Sekitar Puting Moms? Yuk Kenali Milk Blister pada Ibu Menyusui

Tujuan dan Manfaat Imunisasi

Imunisasi adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh si kecil tetap kebal dan mencegah penularan penyakit. Selain meningkatkan sistem imun anak, imunisasi juga bermanfaat bagi kesehatan masyarakat umum.

Saat anak mendapatkan imunisasi, bukan hanya tubuhnya yang terlindungi, tetapi juga kesehatan orang-orang di sekitarnya. Dengan semakin banyak orang yang kebal, penyakit tersebut akan lebih sulit menyebar, sehingga terbentuklah yang disebut dengan herd immunity atau kekebalan komunitas.BACA JUGA:Jangan Salah, Kenali Konsep 4 Sehat 5 Sempurna untuk Penuhi Asupan Nutrisi Si Kecil

Berbagai Manfaat Imunisasi untuk Si Kecil

Imunisasi memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak, di antaranya:

- Imunisasi bisa menyelamatkan nyawa si kecil di masa depan.

- Sangat aman dan efektif dalam mencegah penyakit tertentu.

- Melindungi orang-orang terdekat yang Moms sayangi.

Kategori :