Tiga Cabup-Cawabup Minim Tatap Muka, Bawaslu: Lebih Banyak Baliho dari pada Ketemu Warga

Jumat 18-10-2024,07:00 WIB
Reporter : Risky Pangestu
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi mencatat kandidat pasangan calon (paslon) Bupati dan wakil Bupati di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bekasi minim dalam melakukan kampanye tatap muka kepada masyarakat.

Dari data pengawasan Bawaslu Kabupaten Bekasi, paslon lebih banyak melakukan sosialisasi dengan menggunakan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang di sejumlah titik yang tersebar di ruas jalan.

"Ini (APK) cukup banyak dan tapi memang pertemuan terbatas dan tatap muka tidak banyak," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi usai Rapat Koordinasi Bersama Stakeholder di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi pada Kamis (17/10).

Akbar menjelaskan, tahapan kampenye sudah berjalan masuk hari ke 24. Sejumlah kegiatan kampanye dengan metode-metode yang sudah ditentukan dilakukan ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati.

BACA JUGA:Sapa Emak-emak di Bekasi, Cawagub Gita KDI Komitmen Wujudkan Program Kongkret untuk Kesejahteraan Perempuan

BACA JUGA:Proyeksi APBD Pemprov Jabar TA 2025 Turun Akibat UU HKPD

Hasil pengawasan Bawaslu Kabupaten Bekasi untuk calon Bupati dan wakil Bupati saya laporkan bahwa untuk nomor urut satu ada 1 kali pertemuan terbatas ada 18 kali pertemuan tatap muka, ada 23 kali penyebaran bahan kampanye dan ada 838 penyebaran apk, 3 kali melaksanakan kegiatan lainnya.  

Untuk pasangan calon bupati nomor urut dua ada 5 kali pertemuan terbatas yang dicatat, ada 34 kali pertemuan tatap muka dan dialog ada 87. Serta penyebaran bahan kampanye dan pemasaran APK ada 1.982 dan 9 kegiatan lainnya. 

Calon bupati nomor urut tiga ada 3 pertemuan terbatas ada 17 kali, tatap muka 18 kali, penyebaran bahan kampenya dan pemasangan APK ada 1845 serta kegiatan lainnya ada 2 kali. 

"Total keseluruhan dari mulai metode pertemuan terbatas tatap muka penyebaran bahan kampanye dan penyebaran APK itu yang kami catat dari paslon di Pilgub dan Pilbup ada 9.077 kegiatan yang berlangsung di Kabupaten Bekasi," tukasnya.

BACA JUGA:Cawagub Jabar Ilham Habibie Bawa 3 Program Unggulan untuk Subang

BACA JUGA:DPRD Jabar Gelar Rapur Penyampaian Nota Pengantar Gubernur atas 3 Ranperda

Sementara itu, Pj Sekertaris Daerah Kabupaten Bekasi Joharul Alam menekankan pentingnya sinergi antara seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan aparat penagak hukum dalam menjaga ketertiban dan netralitas selama tahapan kampanye. 

"Kampanye bukan hanya soal menyampaikan visi dan misi para calon, tetapi juga bagaimana kita bersama-sama menjaga kondusivitas wilayah, menghindari potensi konflik dan memastikan bahwa seluruh proses dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku," kata dia.

Kategori :