Tips dan Trick Ngetrift Khusus Buat Para Pemula, Bisa Dapet Barang Bagus dengan Harga Murah

Rabu 23-10-2024,08:23 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Hal pertama yang harus dilakukan sebelum thrifting adalah melakukan riset thrift store yang akan dikunjungi. Pembeli bisa mencari rekomendasi thrift store dari internet maupun dari rekomendasi teman.

Melakukan riset harga juga sangat penting. Bandingkan harga suatu barang di salah satu toko dengan toko lainnya. Jangan lupa untuk selalu melihat kualitas barang sebelum membelinya. Periksa dengan teliti agar tidak menyesal setelah membelinya jika ada kerusakan.

BACA JUGA:Rekomendasi 8 Tempat Thrifting Store Terbaik dan Terlengkap di Bekasi

Setelah kamu menemukan barang yang cocok dan akan kamu beli kamu harus membersihkannya dengan baik dan benar terlebih dulu sebelum memakainnya. Gunakan pembersih cairan antiseptik mengingat barang yang dibeli adalah barang bekas. 

1. Pakai Baju yang Sederhana

Hal pertama yang harus kamu akukan saat pergi ke trift store adalah memakai apakaian yang sederhana dan tidak terlalu keren atau modis.

Mengapa demikian ? Di kalangan penjual, ada anggapan bahwa orang yang datang dengan penampilan menarik adalah orang kaya, sehingga mereka cenderung memberikan harga yang lebih tinggi.

Jadi, untuk mendapatkan harga yang lebih murah saat   kamu menawarnya, lebih baik gunakan pakaian yang santai dan sederhana. Jika perlu seperti pakaian rumahan seperti kaos dan celana Panjang dengan sandal jepit.

Jika perlu, tampilkan ekspresi yang membuatmu terlihat ‘memelas’ agar penjual merasa tidak tega memberi harga mahal. Harga yang kamu dapatkan berdasarkan seberapa ibanya penjual kepadamu.

2. Gunakan Bahasa Daerahmu

Kebanyakan pedagang di kota besar seringkali adalah perantau. Saat berbelanja, perhatikan dan coba tebak dari daerah mana penjual tersebut berasal. Jika kebetulan mereka berasal dari daerah yang sama, jangan ragu untuk berbicara dengan bahasa daerahmu.

BACA JUGA:Rekomendasi 7 thrift shop di Karawang Paling Lengkap dan Harga Terkangkau

Cara ini cukup ampuh dilakukan dalam upaya menawar barang.   Psaat kamu   berbicara menggunakan logat Bahasa si penjual maka ia akan menganggap jika kamu berasal dari kota yang sama. Sehingga akan muncul rasa keakraban dan persaudaraan.

Jika kalian sudah akrab dan mengobrol, kamu bisa tancap gas dengan menawarnya dengan iming iming orang satu daerah. Tentu car aini mampu membuat sang penjual luluh dan mengurangi setidaknya sedikit harga jual atau tunduk dengan harga tawaranmu.

3. Tawar Barang yang Tidak Kamu Inginkan

Tawar menawar dalam kegiatan thrifting merupakan hal yang umum dan wajar terjadi. Salah satu trik untuk mendapatkan harga lebih murah saat berbelanja adalah dengan menawar barang yang sebenarnya tidak kamu inginkan terlebih dahulu.

Dengan cara ini, kamu bisa membuat penjual menjadi salah fokus. Meskipun terdengar aneh, biasanya penjual akan lebih memperhatikan barang pertama yang kamu tawar, sehingga perhatian mereka pada barang yang kamu inginkan selanjutnya akan berkurang.

BACA JUGA:Tips and Trick, Thrifting Sepatu Bermerek Dengan Harga Miring

Tapi, pastikan barang yang kamu tawar sebagai umpan memiliki kondisi yang mirip atau bahkan lebih baik dari barang yang sebenarnya kamu ingin beli.

Jika merasa ragu dengan trik ini, kamu bisa mencari kekurangan pada pakaian yang ingin kamu beli, misalnya kancing yang copot atau lengan yang hilang.

4. Periksa Kondisi Barang dengan Teliti

Saat kamu berada di thrift store, kamu mungkin akan tergoda oleh banyaknya diskon dan harga murah. Namun, jangan hanya terpaku pada harga. Sebelum memutuskan untuk membeli, periksa dengan seksama kondisi barang tersebut.

Apakah kainnya bagus? Apakah ada cacat? Apakah semua kancing lengkap? Apakah warnanya masih baik? Atau mungkin ada sobekan di bagian tertentu?

BACA JUGA:Serba Serbi Soal IstilahThrifting, Berikut Perbedaanya dengan Preloved

Dengan melakukan pemeriksaan yang cermat, kamu bisa menemukan barang yang murah namun tetap berkualitas. Cara ini juga sangat penting dan wajib banget kamu lakukan, jangan sampai kamu asal beli barang dan menyesal saat dibawa pulang karena ada yang cacat.

5. Siapkan Waktu yang Cukup

Jika kamu ingin mendapatkan barang bagus di thrift store, kesabaran adalah kuncinya. Luangkan waktu yang cukup, bahkan jika perlu seharian, agar kamu bisa menjelajahi setiap rak dengan leluasa.

BACA JUGA:Serba Serbi Soal IstilahThrifting, Berikut Perbedaanya dengan Preloved

Belanja di thrift store perlu ketekunan dan gerak cekatan yang gesit. Jadi jangan malas untuk mengacak-acak tumpukan barang yang ada. Jika beruntung, kamu bisa menemukan barang branded yang tersembunyi di antara barang lainnya.

Jika kamu bingung memilih antara dua pakaian yang sama-sama menarik, coba buat polling di Twitter atau Instagram untuk meminta pendapat teman-temanmu. Jika harganya murah kamu bisa membeli keduanya mengingat keberuntungan ini tidak didapatkan dua kali.

Jika kamu sudah membaca tips ini, berarti kamu sudah siap untuk meningkatkan kemampuan belanjamu di thrift store. Selamat berbelanja!

Kategori :