Ini Yang akan Terjadi Jika Kamu Gak Sengaja Makan Telur Lalat, Bahaya Bagi Kesehatan?

Jumat 25-10-2024,07:35 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Pernahkah kamu melihat telur lalat secara langsung? Lalat hijau mengeluarkan telur telurnya di sejumlah makanan atau sampah yang telah ia hinggapi. Jadi jangan heran jika tempat sampah kerap ditemui banyak belatung yang merupakan bayi lalat.

 

Mendengar kata “Telur Lalat” pasti sudah membuatmu mual dan jijik, tapi bagaimana jika telur lalat tersebut ada disejumlah makanan yang akan kita makan dan tidak sengaja tertelan? Apakah menelan telur lalat tanpa sengaja bisa berbahaya bagi Kesehatan tubuh?

BACA JUGA:Tips and Trick Mengusir Lalat Dari Dalam Rumah Cuma Pakai Tanaman

 

Gangguan pada usus dapat terjadi jika seseorang secara tidak sengaja mengonsumsi telur lalat. Jika kita tidak terlalu memperhatikan kebersihan makanan yang kita makan, ada kemungkinan makanan tersebut telah terkontaminasi, termasuk oleh telur lalat

 

Bahaya Menelan Telur Lalat yang Menempel pada Makanan

 

Telur lalat biasanya ditemukan pada makanan yang sudah membusuk atau pada sejumlah makanan yang tidak ditutup dan dikemas dengan baik. Punya ukuran yang sangat kecil beberapa orang mungkin tidak sengaja mengonsumsi makanan yang mengandung telur lalat.

BACA JUGA:7 Wangi Wangian yang Efekif Bikin Lalat Minggat Dari Dalam Rumah

 

Bila sesekali kamu tanpa sengaja mengkonsumsi makanan yang ada telur lalatnya, itu tidak berbahaya bagi tubuh. Namun, dalam beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan masalah Kesehatan serius, seperti infeksi bakteri sampai reaksi alergi.

 

Apa yang Terjadi Jika Telur Lalat Terkonsumsi

 

Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat terjadi jika kita tidak sengaja memakan telur lalat:

 

    Infeksi Bakteri

 

Lalat dapat mendarat di berbagai jenis makanan kapan saja dan dimana saja. Sehingga lalat tersebut membawa serta bakteri berbahaya yang sering ditemui pada kotoran hewan dan manusia.

 

Ketika lalat bertelur, telur-telur tersebut juga dapat terkontaminasi oleh bakteri berbahaya, seperti Escherichia coli (E. coli) dan Salmonella.

 

Jika kita secara tidak sengaja mengonsumsi makanan yang mengandung telur lalat yang terkontaminasi bakteri, hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Beberapa gejala umum yang mungkin muncul meliputi:

 

      Kram perut Mual dan muntah Diare Demam

 

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, terutama diare, penting untuk memastikan asupan cairan tubuh cukup agar tidak mengalami dehidrasi.

Kategori :