KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menggulirkan program menarik untuk costumer loyalnya
Kali ini, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Suzuki di Indonesia itu gulirkan program After Mudik Campaign di Jabodetabek. Yakni, inisiatif layanan purnajual bertujuan untuk pemeriksaan menyeluruh paska mudik.
Di dalamnya, Suzuki menawarkan Paket Service Bundling senilai Rp900.000, mencakup penggantian oli mesin berikut filter oli, spooring serta balancing roda, hingga layanan tune-up mesin. Program ini berlaku mulai dari tanggal 15 hingga 30 April 2025 bengkel resmi Jabodetabek.
Sebagai catatan, layanan menarik tersebut hanya berlaku bagi pelanggan yang memiliki mobil Suzuki dengan model APV, Ignis, Ertiga, All New Ertiga, XL7, dan Baleno. Service Advisor di Bengkel Resmi Suzuki akan membantu menjelaskan ketentuan secara lebih detail, termasuk daftar diskon suku cadang sesuai kebutuhan kendaraan pelanggan.
Asst. to Service Departement Head PT SIS, Hariadi mengatakan setelah menempuh perjalanan jarak jauh saat arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2025, mobil perlu dicek secara menyeluruh.
"Nah kebiasaan positif seperti ini sangat baik, karena kepedulian kita bisa mempengaruhi usia pakai kendaraan menjadi lebih panjang," ujar dia kepada KBE Disway.
Hariadi melanjutkan keselamatan berkendara dimulai dari langkah-langkah sederhana seperti membawa mobil ke Bengkel Resmi.
“Teknisi kami tidak hanya memeriksa; mereka membaca jejak perjalanan mobil. Dengan peralatan diagnosa khusus, kami membantu memastikan bahwa kendaraan tetap andal, efisien, dan siap menghadapi rutinitas harian kembali,” tukas dia.
Seperti diketahui bersama, setelah gelombang besar arus mudik mereda, beberapa gejala pada kinerja mobil setelah menempuh jarak ratusan bahkan ribuan kilometer kerap dirasakan oleh sebagian pengguna.
Temuan keluhan paling umum antara lain seperti pedal pengereman makin dalam, suspensi terasa lebih lemah dari biasanya, ataupun sistem pendingin kabin mulai kurang sejuk.
Fenomena ini turut terlihat juga di jaringan Bengkel Resmi Suzuki. Seminggu paska libur Lebaran, peningkatan kunjungan servis naik hampir 10 % dibanding hari normal.
Menariknya, bukan volume yang jadi sorotan, melainkan kemiripan keluhan. Berdasarkan catatan teknisi, gejala paling umum berasal dari sektor pengereman, kaki-kaki, serta performa pendingin ruangan yang mulai menurun.
“Kami menyebutnya ‘penyesuaian kembali’. Mobil sudah sampai rumah, tapi beban teknis selama perjalanan baru terasa belakangan. Rata-rata datang bukan karena mogok, tapi karena mulai ada gejala kecil yang, kalau dibiarkan, lama-kelamaan bisa mengganggu,” ujar Rahadian Wishwadewa, Service Manager Sejahtera Buana Trada Pulogadung.
Berdasarkan pantauan teknisi di salah satu Bengkel Resmi Suzuki, berikut adalah lima sektor yang paling sering membutuhkan perhatian ekstra setelah musim mudik berakhir.