162 Pelaku UMKM Karawang Siap Naik Kelas

162 Pelaku UMKM Karawang Siap Naik Kelas

METRO KARAWANG - Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang, meresmikan launching program UMKM Juara tahun 2022 di Rumah Galeri Pemda Karawang, Senin, (6/6) kemarin.

Program UMKM Juara merupakan program pembinaan pelaku usaha mikro agar bisa naik kelas. Program ini merupakan sinergi antara Pemprov Jawa Barat dengan Pemkab Karawang. Diketahui, tahun 2022 ini merupakan angkatan ke 4 program UMKM Juara.

Wakil Bupati Karawang, Aep Syaefulloh mengatakan, melalui program ini, sebanyak 162 pelaku UMKM di Kabupaten Karawang mendapatkan pelatihan, pembinaan dan edukasi dari tim pendamping Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, serta Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat agar mereka bisa naik kelas.

Wabup juga mengatakan, program UMKM Juara ini merupakan program untuk peningkatan level dan kualitas produk UMKM ke arah digitalisasi dan modernisasi.

"Tentunya pelaku UMKM ini sudah harus percaya diri. Bahwa mereka itu adalah pebisnis, bukan hanya sekadar pedagang. Jadi nanti ada tim pendamping yang membantu untuk manajemen pemasaran dan peningkatan perluasan jangkauan pasar," kata Wabup.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peserta program UMKM Juara tahun ini sangat beragam. Mulai dari usaha kuliner, craft, furniture, fashion, hingga beragam makanan olahan khas Karawang, ikut andil dalam program ini.

Wabup bilang, Pemkab Karawang mendukung program UMKM Juara untuk pengembangan kompetensi UMKM lokal Karawang.

"Mengingat, geliat UMKM terbukti menjadi salah satu sektor perekonomian yang cukup kokoh pada saat pandemi Covid-19 dua tahun kebelakang," tegasnya.

Wabup optimis bahwa ke depan Kabupaten Karawang akan dapat menghadirkan startup-startup baru yang terus menambah nilai perekonomian bangsa, untuk menciptakan peningkatan ekonomi disektor UMKM.

"Kita semua setuju dan sepakat, kalau potensi UMKM di Karawang sangat luar biasa. Jadi perlu ditingkatkan lagi levelnya agar bisa naik kelas," pungkasnya.

Disisi lain, Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM pada Dinkop UKM Karawang, Agus Jaelani menambahkan, setelah mengikuti pelatihan program ini. Diharapkan muncul pengusaha-pengusaha baru, yang tidak hanya bagus produknya tapi juga luas pemasarannya.

"Target kita di program ini adalah menciptakan pelaku UMKM yang punya produk bagus, melek digital, dan pemasarannya lebih luas," kata Agus.

"Selain menciptakan SDM, kita juga berikan bantuan alat, kemasan, hingga pinjaman modal lunak bekerja sama dengan Bank BJB," ujarnya. (Wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: