Tata Cara Mandi Sebelum Puasa Ramadan dan Bacaan Niatnya

Tata Cara Mandi Sebelum Puasa Ramadan dan Bacaan Niatnya

MUNGKIN sejak kecil orang Islam sudah biasa melaksanakan mandi sebelum masuk bulan ramadan. Mandi pada setiap malam ramadan hukumnya sunnah. Sementara waktu pengerjaannya adalah setelah maghrib menjelang isya'. Lalu, bagaimana dengan seseorang yang mandi sebelum puasa Ramadan? Bagaimana niat mandi sebelum Ramadan dan tata caranya? Mandi pada setiap malam Ramadhan, tepatnya dari maghrib hingga menjelang isya', hukumnya sunnah terutama dalam 10 hari terakhir. Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Aisyah ra., bahwa ketika bulan Ramadhan, Nabi SAW . terkadang tidur dan bangun beribadah. Ketika masuk 10 hari terakhir, beliau mengencangkan sarungnya, menjauhi istri-istrinya, juga mandi pada waktu antara maghrib dan isya. Menurut Ibnu Jarir, para sahabat dahulu menganjurkan mandi setiap malam dalam 10 hari terakhir. Bacaan mandi sunnah saat ramadan sebagai berikut: Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta'alla. Artinya, "Aku berniat mandi sunat bulan ramadan karena Allah Ta'ala. Sementara tata cara mandi saat ramadan sama dengan tata cara mandi sebelum shalat Jumat sebagai berikut.

  1. Ketika masuk ke kamar mandi, basuh tangan sebanyak 3 kali.
  2. Pastikan badan sudah bersih dari kemungkinan dilekati kotoran atau najis.
  3. Guyur kepala 3 kali diiringin dengan niat mandi seperti yang sudah disebutkan di muka.
  4. Siram badan sebelah kanan 3 kali, badan sebelah kiri hingga 3 kali, lalu siramkan air ke seluruh tubuh.
  5. Gosok tubuh bagian depan dan belakang 3 kali, pastikan air mengalir ke lipatan kulit dan pangkal rambut. Jika punya jenggot, juga bisa digosok.
Sebenarnya mandi sebelum dimulainya puasa ramadan dalil khusus. Meskipun demikian, tidak ada larangan pula untuk melakukan hal tersebut. Yang terpenting adalah niat orang yang melakukan mandi tersebut, yaitu membersihkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadan, sekaligus bersiap menjelang tarawih pertama. ***  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: