36 Panwascam Kota Bekasi Resmi Dilantik

36 Panwascam Kota Bekasi Resmi Dilantik

Bawaslu Kota Bekasi lantik 36 anggota Panwascam, Minggu (30/10/2022).--Dok Bawaslu Kota Bekasi

KOTA BEKASI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi resmi melantik 36 panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam). Pelantikan digelar di Bekasi Selatan, Minggu (30/10/2022).

Selanjutnya mereka akan mulai bertugas dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) pada 2024 mendatang.

"36 Panwascam terpilih ini diantaranya terdiri dari 30 orang laki-laki dan 6 diantaranya perempuan, " ungkap Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Choirunnisa Marzoeki usai melakukan pelantikan.

BACA JUGA:Presiden PKS Doakan Anies - Aher Berjodoh

Dikatakan 6 perempuan yang ikut dilantik menjadi Panwascam akan mengisi 6 Kecamatan di wilayah Kota Bekasi.

Menurutnya Panwascam yang telah dilantik semuanya telah melalui seleksi hingga terpilih melalui pleno pimpinan Bawaslu Kota Bekasi. Mereka ditetapkan melalui berbagai pertimbangan meliputi hasil tes tertulis dan wawancara.

BACA JUGA:Keluhan Praktek Pungli Pelayanan Perizinan Mengemuka dalam Reses di Pondok Melati

"Jadi, Panwascam yang terpilih merupakan hasil pleno pimpinan Bawaslu Kota Beaksi dengan mempertimbangkan hasil tes tertulis dan wawancara," Tegasnya

 

BACA JUGA:Masjid Harus Jadi Central Perekonomian Berbasis Syari'ah

Selanjutnya Choirunnisa, meminta secara resmi kepada anggota Panwascam yang ditetapkan untuk  mengembangkan pola dan metode pengawasan yang efektif dan efisien.

"Kami harapkan mampu memperkuat sistem kontrol dalam satu manajemen pengawasan yang terstruktur, sistematis, dan integratif berbasis teknologi, " tandanya.

Panwascam juga dipesan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan peserta pemilu, serta meningkatkan sinergi kelembagaan dalam pengawasan pemilu partisipatif. 

BACA JUGA:Bingung Soal Biaya Nikah, Gubernur Jabar Sedang Cari 100 Pasangan untuk Dinikahkan!

"Diharapkan panwascam yang terpilih dapat menjalankan tugas dan kewajibannya, amanah dalam bekerja," katanya.

36 Panwascam yang dilantik merupakan peserta dengan perolehan nilai tes tertinggi. Masing-masing kecamatan diisi oleh tiga orang anggota Panwascam. Usai dilantik mereka akan langsung bekerja untuk mengawasi verifikasi faktual partai politik.

Kak Nong sapaan akrab ketua Bawaslu Kota Bekasi itu menyatakan bahwa Panwascam yang dilantik telah memiliki tugas untuk mengawal demokrasi dan mewujudkan kesuksesan pemilu serentak 2024  di Kota Bekasi. (amn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: