Begini Cara Setting TV Digital Tanpa Set Top Box, Lakukan dengan Sabar dan Teliti...

Begini Cara Setting TV Digital Tanpa Set Top Box,  Lakukan dengan Sabar dan Teliti...

--

TV Digital dapat dinikmati di Smart TV lantaran memiliki jenis bentuk bit data informasi yag sama seperti layanan streaming Youtube maupun Netflix. 

Pertanyaan selanjutnya, apakah semua Smart TV bisa menerima siaran TV digital di daerah Anda? Untuk memastikan ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan melalui situs Kominfo di atas. Biasanya jika perangkat mendukung siaran digital di daerah Anda akan muncul menu atau informasi yang mengizinkan Anda mencari sinyal siaran TV digital.

 

Gunakan Android TV

Pindah ke TV Digital tanpa STB dapat Anda lakukan jika memiliki Android TV atau membeli perangkat baru. Pada dasarnya Android TV adalah Smart TV yang memiliki tambahan fitur menyesuaikan dengan sistem operasi Android yang dibuat oleh Google. 

Melansir Android.com, Android TV dikenal dengan kampanye memindahkan layar kecil Anda ke layar yang lebih besar. Android TV dapat tersambung dengan wifi dan HP Anda. Jadi yang Anda lakukan di HP bisa pindah ke layar TV yang lebih besar. 

Android TV dapat terhubung ke internet dan menyediakan layanan streaming dari Netflix, Youtube, HBO Max, Spotify, Disney + dan lainnya. Anda juga dapat menyaksikan siaran live TV hingga bermain games. 

Untuk memastikan Smart TV atau Android TV bisa menerima siaran TV Digital, periksa satu hal ini. Pastikan perangkat tersebut sudah dibekali fitur DVB-T2. 

 

Setting Set Top Box

Sementara bagi masyarakat yang pakai set top box ini cara men-setting siaran TV digital. Karena di beberapa daerah, siaran TV Digital sudah mulai mengudara secara bertahap di Indonesia menggantikan siaran TV analog.

 

Rosarita Niken Widiastui, dari Kominfo mengatakan bagi yang masih memiliki TV analog dapat menangkap siaran TV digital dengan bantuan perangkat set top box.

Set Top Box (STB) adalah alat untuk menkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Hal itu karena STB sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terresterial (DVB-T2).

Ia mengungkapkan dengan sudah memakai STB, maka masyarakat tidak perlu antena parabola atau yang baru. Sebab, antena televisi jenis UHF juga memungkinkan menangkap siaran TV digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: