Tanda Akhir Zaman dan Kemunculan Imam Mahdi

Tanda Akhir Zaman dan Kemunculan Imam Mahdi

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Imam Mahdi disebut sebagai sosok seorang yang bijak dan diutus Allah SWT diakhir zaman dalam agama Islam. Sosoknya muncul pada akhir zaman sebagaimana yang diyakini dalam akidah Ahlussunah Waljamaah sesuai dengan hadits-hadits shahih.

Ibn Khaldun pernah berpendapat seperti dikutip dari buku Ensiklopedia Kiamat karangan Dr. Umar Sulaiman al Asygar.

"Ketahuilah bahwa yang mahsyur di kalangan umat Islam sepanjang masa adalah bahwa pasti di akhir zaman akan muncul seorang laki-laki dari kalangan bait untuk memperkuat agama, menegakkan keadilan, diikuti kaum muslim, dan menguasai kerajaan-kerajaan Islam. Ia bernama Al Mahdi."

BACA JUGA:Ini Ketetapan Indeks Tarif PNBP Pascaproduksi Bagi Pelaku Usaha Perikanan, KKP Persilakan Beri Masukan

Ada pula yang berpendapat, semua peristiwa yang terjadi sebelum kemunculan Imam Mahdi masih termasuk tanda-tanda kiamat kecil, sementara peristiwa yang terjadi setelah Imam Mahdi muncul masuk dalam tanda kiamat besar.

Arah Kemunculan Imam Mahdi

Menurut Muhammad ibn Abdillah al Hasani al Alawi, Imam Mahdi akan muncul dari negeri arah timur. Hal itu dilandasi dari hadits Ibnu Majah dari Tsauban yang meriwayatkan sabda Rasulullah SAW.

Berdasarkan hadits tersebut, detik-detik kemunculan Imam Mahdi saat ada tiga orang anak khalifah yang tewas saat hendak mengambil simpanan yang ada di dalam Ka'bah. Lalu, dikisahkan muncul bendera-bendera hitam dari arah timur.

Rasulullah SAW bersabda, "Jika kamu sekalian melihat orang itu, maka berbai'atlah kepadanya, meskipun harus merangkak di atas salju. Karena dia adalah khalifah Allah yang mendapat petunjuk (Al Mahdi)." (HR Ibnu Majah)

BACA JUGA:Narkoba Rambah Cairan Rokok Elektrik, Polisi Sebut Pelaku Jual Bebas di Situs Online

Kemunculan Imam Mahdi sebagai tanda datangnya hari kiamat juga didukung oleh Ulama Mazhab Syafi'i, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dalam buku Teologi Al Banjari oleh Khairil Anwar. Al Banjari mengutip hadits Al Mahdiyyah yang menyatakan bahwa Imam Mahdi muncul saat berkhutbah dengan suara nyaring.

Isi khutbahnya mengandung imbauan dan ajakan untuk menaati Allah, menghidupkan sunah rasul, dan memerangi bid'ah. Setelahnya, Imam Mahdi dikabarkan akan hidup selama 7 atau 8 tahun lamanya untuk memimpin umat muslim.

BACA JUGA:Wacana Penertiban SP-3 Revitalisasi Pasar Kranji, Pengembang: Perusahaan Selalu Berpegang Teguh pada PKS

Sebagaimana diriwayatkan dalam salah satu hadits Rasulullah SAW. Dari Abu Said al Khurdri RA yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: