Pemilu 2024, Analis Unas: Generasi Z Jadi Kunci Kemenangan

Pemilu 2024, Analis Unas: Generasi Z Jadi Kunci Kemenangan

Pengamat komunikasi politik dan militer dari Universitas Nasional (Unas), Selamat Ginting. –Foto: HO/KarawangBekasi.Disway.id/makmun hidayat--

BACA JUGA:Ini Penjelasan Kemenag Terkait Usulan Kenaikan Biaya Haji 1444 H, Baca Biar Paham

“Yang beradaptasi justru kalangan yang akan mempengaruhi mereka. Harus berinovasi untuk merayu mereka agar mau ikut dalam pemilu dan mau memilih para kontestan. Apakah mereka tertarik dengan dunia politik? Itu tantangan kita semua, termasuk dunia kampus,” ujar Ginting.

Dikemukakan, mesti diteliti lagi, aplikasi apa yang sering digunakan gadget para Generasi Z dan Y ini. Mulai dari Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain.

Ginting menyebut nilah sesungguhnya revolusi politik di zaman kekinian, karena komunikasi politik harus dikemas dalam bentuk platform hiburan. 

BACA JUGA:Alamak, Baru Setahun Dibangun Tanggul Sungai Citarum di Muargembong Ambrol

“Jadi politik bukan sekadar pertarungan gagasan, tetapi  kini menjadi pertarungan hiburan dalam aplikasi media sosial maupun media hiburan,” demikian Ginting. 

Pada seminar yang diselenggarakan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas dan Bawaslu DKI Jakarta tersebut turut tampil pula narasumber Lolly Suhenty, anggota Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: