Ratusan Pelaku UMKM Terima Pinjaman Modal Melalui Program Kopi Luwang

Ratusan Pelaku UMKM Terima Pinjaman Modal Melalui Program Kopi Luwang

Karawang launching program Kopi Kurang, langsung menyalurkan pinjaman kepada 500 pedagang, Jumat (24/2/2023) --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Ratusan pelaku UMKM di Kabupaten Karawang mendapatkan pinjaman modal lunak melalui program Koperasi Pinjaman Lunak Warga Karawang (Kopi Luwang) yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Karawang, 24 Februari 2024. 

Melalui program ini, ratusan pelaku UMKM di Karawang akan mendapat pinjaman modal lunak dari pengurus koperasi yang dekat dengan lokasi usaha mereka. 

Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepulloh menuturkan, program ini merupakan inovasi Dinkop UKM Karawang sebagai komitmen mendorong pemulihan ekonomi melalui UMKM. 

BACA JUGA:Pemotongan TPP PPPK Guru di Kota Bekasi Disepakati 10 Persen

"Melalui program Kopi Luwang pelaku UMKM akan menerima pinjaman lunak Rp. 500 ribu - Rp. 3 juta dengan bunga hanya 3 persen. Tentunya program ini akan membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya," ujar Aep, kepada KBE, Jumat, (24/2) siang. 

Aep menuturkan, program Kopi Luwang ini merupakan wujud kerja sama antara pemerintah dengan pengelola koperasi. Dengan meniru kesuksesan program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS). 

BACA JUGA:Penataan Jepang Ramadhan, Kawasan dan Masjid Raya Al Jabbar Ditutup Selama Dua Pekan

Dimana, satu koperasi yang ikut program ini. Wajib membawahi 10 pelaku UMKM. Saat ini, ada 50 koperasi yang bergabung dalam launching. Artinya, sudah ada 500 pelaku UMKM yang difasilitasi menerima pinjaman lunak dari koperasi. 

"Ke depan kami mengajak semua koperasi, tidak hanya koperasi simpan pinjam. Tapi koperasi karyawan di kawasan untuk ikut andil," jelas Wabup. 

BACA JUGA:Pasca Demo di Baznas Kota Bekasi Satu Peserta Aksi Akui Dapat Ancaman dari TKK?

Sementara, Kepala Dinkop UKM Karawang, Rohman menambahkan, dalam launching ini pihaknya juga mendatangkan langsung pelaku UMKM yang menerima bantuan dari koperasi. 

Dia berharap, setelah di launching akan semakin banyak koperasi yang peduli terhadap pelaku UMKM. Dengan turut andil membina pelaku UMKM di sekitarnya. 

BACA JUGA:Diduga Main Tanah, Lima ASN di Kota Bekasi Dijebloskan ke Lapas Bulakkapal

"Kami mengajak semua koperasi di Karawang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dengan bergabung dalam program Kopi Luwang," pungkasnya. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: