Cara Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Cara Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan

ilustrasi --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Menjaga kesehatan dalam menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan harus menjadi perhatian, sehingga bisa melaksanakan puasa sebulan penuh tanpa kendala apapun.

Berbagai tips dan cara tetap bugar selama menjalan ibadah puasa berseliweran dengan berbagai model dan cara salah satunya seperti saran di bawah ini, yakni dari;

dr Ita Fajria Tamim memberikan tips untuk menjalankan ibadah puasa tetap dalam bugar. Tubuhnya bisa cepat beradaptasi, perut tidak bermasalah dan bisa menjalankan puasa dengan lancar. 

BACA JUGA:Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar Diresmikan 27 Maret 2023

Pengasuh Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Sampang ini mengungkapkan beberapa hal yang perlu perhatikan agar tubuh terhindar, terutama saluran pencernaan, bisa beradaptasi dengan baik, tidak mengalami gangguan, dan puasa bisa lancar. 

Melansir dari NU Online Tips pertama yang perlu diperhatikan agar perut tak sakit saat puasa makan dengan porsi secukupnya, tidak berlebih saat sahur dan buka puasa.

Biasanya karena dorongan nafsu, saat berbuka puasa banyak yang makan sebanyak-banyaknya. Padahal damapknya akibat porsi makan berlebih saat sahur atau buka bisa memicu produksi asam lambung yang berlebih. 

BACA JUGA:Pemuda Pengangguran di Karawang Tersciduk Peracik Tembakau Sintetis

Sehingga berdampak pada perut bisa kembung, perih, hingga timbul GERD (gastroesophageal reflux disease) atau naiknya asam lambung.  

"Selama puasa, porsi makan sedikit, tapi sering lebih dianjurkan," jelas alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali ini.  

BACA JUGA:Warga Bekasi Tak Perlu Khawatirkan Harga Bahan Pokok, Fokus Ibadah Selama Ramadhan

Tips kedua yang perlu dilakukan yaitu menghindari tidur saat perut penuh makanan atau minuman. 

Seharusnya, bagi seseorang yang puasa memberikan waktu makanan turun dan dicerna oleh tubuh. Sesaat setelah sahur, sebaiknya memberikan waktu perut untuk mencerna makanan yang baru saja dikonsumsi.  

BACA JUGA:Viral Video Bupati Tanjungjabung Timur Ungkap Kejengkelanya Terhadap Petro China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: