UPTD LH Wilayah III Bekasi Angkat 56 Ton Sampah dari Bendung Srengseng Hilir

UPTD LH Wilayah III Bekasi Angkat 56 Ton Sampah dari Bendung Srengseng Hilir

Sopyan Kepala UPTD LH III Bekasi saat memimpin langsung pengangkutan sampah di Bendung Srengseng Hulu (BSH) Cibitung, Sabtu (27/5/2023)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID -  Seberat 56 ton sampah berhasil diangkat dari bendung Srengseng Hulu (BSH), Kampung Cikarang Jati, Desa Sukajaya, Cibitung, Kabupaten Bekasi, pada Sabtu (27/5/2023).

Pengangkatan sampah di Bendung Srengseng Hulu itu dilaksanakan oleh
Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) wilayah III Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi bersama puluhan relawan untuk menjaga kelancaran aliran air  irigasi Sungai Kali Cikarang menuju hilir kawasan utara Bekasi.

Sejak sebulan terakhir puluhan kubik sampah dari berbagai jenis menumpuk aliran dari Kali Cikarang hingga bermuara ke Bendung BSH tepatnya di pintu air irigasi yang berada di perbatasan dua Desa di kawasan Cibitung.

BACA JUGA:UPTD Kebersihan Wilayah III Siaga 24 Jam

Kegiatan pengangkutan sampah di wilayah itu di Pimpin langsung oleh Kepala UPTD III Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Sopyan dengan dibantu puluhan relawan di wilayah setempat.

"Kami turunkan 8 unit armada dan 1 exsavator dalam giat rutin kali ini. Sampah langsung dibuang ke TPA Burangkeng,"ungkap Bang Yopi sapaan akrab Kepala UTPD III kepada KBE di lokasi.

BACA JUGA:Kunker ke UPTD Balai Benih Padi dan Palawija, DPRD Jabar Menilai Perlu Adanya Inovasi Baru Pada Sektor Pertani

Dikatakan bahwa pengangkutan sampah yang dilaksanakan merupakan giat rutin dalam rangka memperlancar aliran air dari Hulu ke Hilir agar berjalan dengan baik. Sehingga areal pertanian bisa mendapatkan pasokan air secara rutin dan lancar.

Menurutnya saat ini areal sawah petani di wilayah Utara membutuhkan kelancaran air aliran Kali Cikarang untuk kelanjutan tanaman padi dan lainnya meliputi di wilayah empat kecamatan wilayah Utara Bekasi.

BACA JUGA:Sampah Liar Menumpuk di Sejumlah Titik Lokasi Wilayah UPTD IV DLH Bekasi

"Kali Cikarang melintasi 4 Kecamatan di kawasan utara Bekasi,  meliputi Kecamatan Sukatani, Sukakarya, Sukawangi dan Cabang Bungin, dengan lebih dari 48 ribu hektar luas persawahan yang masih terjaga ada di Utara,"tegas Yopi.

Bang Yopi juga mengaku tidak bosan untuk mengingatkan, agar warga dapat menjaga lingkungan dengan tidak lagi membuang sampah apapun ke aliran kali. Sehingga harapan agar tercipta lingkungan yang bersih, indah, aman juga nyaman.

BACA JUGA:Bacaleg PAN Kota Bekasi Diminta 'Gulung' Lawan di Setiap Dapil

"Sebenarnya pesan agar tidak membuang sampah ke Kali telah dilakukan berkali-kali. Tapi kondisinya tetap terjadi meski berbagai cara dilakukan. Ini butuh kerja semua elemen, untuk membangun kesadaran bersama, akan pentingnya menjaga lingkungan, "tegas Bang Yopi mengakui tidak bosan untuk terus mengingatkan pentingnya menjaga lingkungan. 

Diketahui bahwa sampah yang diangkat dari kali mencapai 56 ton, dengan perkiraan rata-rata 1 unit mobil truk sekitar 7 ton. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: