Pemkab Bekasi dan Polri Jalin Sinergi Satkamling

Pemkab Bekasi dan Polri Jalin Sinergi Satkamling

SATKAMLING: Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan dan Kapolres Metro Komisaris Besar Polisi Twedy Aditya Bennyahdi pada acara Apel Satkamling dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi Dandim 05/09 Kabupaten Bekasi Letkol Inf Danang dan Ketua DPRD Kabupaten B-Istimewa-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Pemerintah Kabupaten Bekasi mendukung upaya Polri me-reaktivasi dan merevitalisasi Satkamling yang dikenal di masyarakat sebagai Pos Kamling. Dukungan itu disampaikan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, usai mengikuti Apel Bersama Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di Lapangan Promoter Polres Metro Bekasi, Cikarang Utara, pada Rabu, (21/06).

Acara Apel Satkamling tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi Dandim 05/09 Kabupaten Bekasi Letkol Inf Danang dan Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik. "Tentu bukan sekedar dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan, tetapi ini nilai-nilai dasar bangsa Indonesia yaitu gotong-royong sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," ujar Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Dani mengatakan, Satkamling menjadi salah satu untuk memperkuat jati diri bangsa, dimana bangsa ini dalam keamanan adalah tanggung jawab seluruhnya. "Seperti mendoktrin masyarakat untuk melaksanakan Satkamling secara permanen disetiap pemukiman masyarakat Kabupaten Bekasi," katanya.

Pj Bupati menegaskan, akan menginstruksikan para camat dan kepala desa untuk mendukung Satkamling dengan memberikan atensi dan menghidupkan kembali Satkamling di wilayah masing-masing. "Nanti keaktifan Satkamling ini akan menjadi salah satu penilaian dalam Lomba Kampung Bersih Makin Berani, yang akan kembali digelar dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Bekasi ke-73 tahun ini," terangnya.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Polisi Twedy Aditya Bennyahdi mengatakan, dengan adanya Satkamling ini bisa membentuk keamanan swakarsa dilingkungannya masing-masing. Satkamling ini juga menjadi amanat Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. "Tadi juga sudah disampaikan bahwa nanti akan ada pelatihan untuk meningkatkan kemampuan perorangan dalam menjalankan Satkamling salah satunya harus memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahan dengan cepat walaupun permasalahan yang kecil," terangnya.

Dia mengajak Forkopimda Kabupaten Bekasi untuk mengaktifkan kembali Satkamling yang sudah ada. Dengan keberadaan Satkaming ini diharapkan dapat menciptakan rasa aman, nyaman kepada warga setempat. Kapolres Metro Bekasi bersama Forkopimda juga memberikan penghargaan kepada juara Satkamling di Wilayah Kabupaten Bekasi.

Diantaranya juara 1 Satkamling RW 08 Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Juara 2 Satkamling RW 20 Desa Sukaragam Kecamatan Serangbaru dan Juara 3 Satkamling RW 08 Desa Mekarmukti Kecamatan Cikarang Utara. (bbs/wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: