Siap-siap Hari Raya Kurban! Cara Membuat Daging Empuk dengan Daun Pepaya

Siap-siap Hari Raya Kurban! Cara Membuat Daging Empuk dengan Daun Pepaya

Cara Membuat Daging Empuk dengan Nanas-Pixabay: joon2079-

Hari Raya Idul Adha sebentar lagi. Tidak afdhol jika tidak dibarengi dengan kurban. Daging kurban berupa kambing, domba, dan sapi biasanya akan alot jika dimasak. Tapi tenang saja karena ada cara membuat daging empuk dengan daun pepaya.

Pepaya mengandung papain yang bekerja dengan memecah ikatan protein dalam daging. Dalam daging, terdapat serat protein yang kuat yang membuat daging menjadi keras. Papain memecah ikatan-ikatan ini dan merusak struktur serat protein, sehingga serat-serat tersebut menjadi lebih lembut dan empuk.

Selaij itu papain juga bertindak sebagai enzim proteolitik yang dapat mencerna protein. Ketika daging direndam dengan daun pepaya yang mengandung papain, enzim ini memecah protein dalam daging menjadi lebih kecil dan lebih mudah dicerna. Hal ini mengakibatkan daging menjadi lebih lunak dan mudah dikunyah.

BACA JUGA:Persiapan Idul Adha, Begini Cara Buat Daging Empuk Hanya dengan Nanas

Cara Membuat Daging Empuk dengan Daun Pepaya

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- Potongan daging yang ingin Anda empukkan

- Beberapa lembar daun pepaya segar (diperoleh dari bagian ujung ranting pepaya)

BACA JUGA:Mau Beli Daging Sehat nan Aman di Purwakarta, Nih 4 Pasar Rekomendasi

Langkah-langkahnya:

1. Pilih daun pepaya yang masih segar dan sehat. Daun yang lebih tua cenderung memiliki kandungan papain yang lebih tinggi. Pastikan daun tersebut bersih dan bebas dari hama atau kotoran.

2. Siapkan potongan daging yang ingin Anda empukkan. Pilih potongan daging yang sedikit keras atau kasar, seperti steak sapi, daging sapi iris tipis, atau ayam.

3. Ambil beberapa lembar daun pepaya segar dan bersihkan dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau residu lainnya.

4. Tempatkan potongan daging dalam wadah dangkal atau tas plastik yang dapat di resealable.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: