Ternyata Ini 5 Faktor Mengapa Daging Kambing Keras

Ternyata Ini 5 Faktor Mengapa Daging Kambing Keras

5 faktor daging kambing keras--www.kompas.com

Daging kambing memiliki ciri khasnya tersendiri yang membuat sebagian orang menyukainya. Namun, ada juga lho yang tidak menyukai Daging kambing. Sedangkan untuk memakannya, menciumnya saja sepertinya sudah tidak mau. 

Beberapa orang juga berpendapat bahwa Daging kambing keras, tidak seperti daging sapi. Lalu, melihat tanggapan ini, sebenarnya apa sih faktor yang membuat Daging kambing itu dikatakan keras. Apakah karena kandungan dalam daging atau bagaimana cara mengolah seseorang? Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

5 Faktor Daging kambing Dikatakan Keras

1. Jenis Daging

Beberapa bagian dari kambing, terutama bagian-bagian yang banyak digunakan seperti kaki atau punggung, memiliki serat otot yang lebih keras. Ketika daging tersebut tidak dimasak dengan baik atau tidak melalui proses pemasakan yang cukup lama, serat-serat tersebut tetap keras dan membuat daging terasa keras.

2. Umur Hewan

Usia hewan kambing juga dapat mempengaruhi tekstur daging. Daging kambing yang lebih tua cenderung memiliki serat-serat yang lebih keras dan memerlukan waktu pemasakan yang lebih lama untuk melunakkan serat-serat tersebut.

3. Kekurangan Lemak

Lemak dalam daging memberikan kelembutan dan kelezatan. Jika Daging kambing yang Anda miliki rendah kandungan lemaknya, maka daging tersebut cenderung lebih keras. Memilih potongan daging yang mengandung sedikit lemak bisa membuat daging terasa lebih keras.

4. Penanganan dan Penyimpanan 

Penanganan dan penyimpanan daging yang tidak benar juga dapat membuat Daging kambing menjadi keras. Jika daging tidak disimpan dengan baik atau mengalami pemrosesan yang kasar, serat-serat daging bisa menjadi terluka dan mengeras.

5. Kurangnya Perendaman atau Marinasi

Perendaman atau marinasi dalam bumbu dan cairan tertentu sebelum memasak dapat membantu melunakkan daging. Bumbu dan cairan dalam marinasi dapat meresap ke dalam daging dan memecah serat-serat yang keras.

Untuk mengatasi Daging kambing yang keras, Anda dapat menggunakan metode pemasakan yang lebih lama dan perlahan seperti merebus dalam waktu yang cukup lama, menggunakan panci presto, atau menggunakan teknik pemanggangan yang tepat. Juga, pastikan untuk memilih potongan daging yang lebih lembut atau memperhatikan proses marinasi untuk membantu melunakkan serat-serat daging yang keras.

Itulah alasan mengapa Daging kambing keras. Ternyata, dapat dilihat dari berbagai faktor ya moms. Entah itu dari jenis kambingnya itu sendiri hingga ke cara kita dalam mengolahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: