Inilah Syarat Pergi Haji yang Harus Kamu Tahu

Inilah Syarat Pergi Haji yang Harus Kamu Tahu

Ilustrasi gambar, Haji--

Haji adalah ziarah atau perjalanan ke Mekkah dengan melakukan ibadah-ibadah tertentu, baik di masjidil Haram., 'Arafah dan lain sebagainya, guna untuk memenuhi rukun dan wajib Haji, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. ketika hayatnya. Hal itu dijelaskan dalam firman Allah SWT. "Wajib karena Allah atas semua  manusia, bagi yang mampu perjalanan ke sana, untuk berhaji ke Baitullah Ka'bah itu" (QS. Ali Imran: 97).

Berbicara mengenai hukum haji, yakni fardhu 'ain. Diwajibkan sekali seumur hidup atas setiap muslim, baik itu laki-laki maupun perempuan yang sudah memenuhi syarat haji. 

Untuk memenuhi panggilan Allah ini harus ada beberapa syarat untuk hajinya dinyatakan sah sebagai berikut.

1. Beragama Islam

2. Merdeka 

3. Baligh. Syarat haji bagi yang sudah berusia baligh. Sedangkan anak-anak tidak wajib haji, jika pun melaksanakan haji, maka hukumnya hanya sunnah.

4. Berakal, sedangkan yang tidak berakal tidak diwajibkan haji.

5. Aman diperjalanan, maksudnya adalah perjalanan yang membawa dirinya pulang pergi benar-benar terjamin dan terlindungi serta tidak dalam keadaan terkepung oleh musuh atau takut terhadap bahaya dari seorang penguasa.

6. Mampu, dalam artian telah mempunyai bekal untuk menyampaikan dirinya ke Baitullah dan membawanya kembali ke tempat asalnya. 

Itulah pembahasan mengenai Haji dan syarat pergi haji bagi setiap muslim. Semoga bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ust. miftah al-mansyur. wanita bertanya islam menjawab. jakarta: bintang indonesia