Tak Perlu Repot! Cara Mengajari Anak Berhitung yang Bisa Ibu Terapkan di Rumah

Tak Perlu Repot! Cara Mengajari Anak Berhitung yang Bisa Ibu Terapkan di Rumah

Cara Mengjarkan Anak Berhitung (Pixabay: Klimkin)-Pixabay: Klimkin-

Mengajarkan anak berhitung sejak dini memang baik. Ibu juga tak perlu susah-susah dalam mengajarkannya, karena bisa mengajari anak di rumah. Terdapat beberapa cara mengajari anak berhitung yang bisa Ibu terapkan agar anak bisa cepat pandai berhitung.

Ibu sudah bisa mulai  ajarkan si Kecil berhitung ketika ia sudah memasuki usia 1 tahun. Mengajarkan anak berhitung, tidak hanya membuatnya pandai berhitung atau bahkan pandai matematika, namun dengan belajar berhitung juga dapat membuat anak lebih kreatif.

Ini karena biasanya ketika belajar berhitung, anak akan mencari cara yang tepat dan mengasyikkan untuk dirinya agar lebih memahami konsep berhitung. Selain lebih kreatif, kegiatan ini juga bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak.

Cara mengajarkan anak berhitung dengan mudah

Mulailah menghitung benda di rumah

Ibu bisa mengajarkan si Kecil dengan menghitung benda-benda yang ada di rumah. Misalnya menghitung jumlah buah yang baru saja Ibu beli. Jadikan berhitung sebagai bagian alam dari interaksi Ibu dan Si Kecil, sehingga ia tidak menyadari sedang belajar. Hal ini juga bisa untuk mengenalkan anak dengan angka.

Belajar berhitung dengan bermain

Agar lebih menyenangkan, Ibu bisa ajarkan anak berhitung sambil bermain. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan gelas plastik dan bola. Ajak anak untuk memasukkan bola ke dalam gelas plastik sambil berhitung.

Ajak anak menghitung jumlah krayon

Saat si Kecil asyik mewarnai, ajak anak untuk belajar berhitung dengan menghitung jumlah krayon yang ada. Selain itu, saat Ibu memberikan krayon pada si Kecil, bisa sambil katakan berapa jumlahnya. Misalnya, saat memberikan 1 krayon katakan, "Ini satu krayon." Saat memberikan 2 krayon, katakan, "Ini dua krayon.", dan seterusnya.

Menghitung langkah kaki

Saat anak sedang bosan atau menunggu, ajak ia berjalan sambil menghitung langkah kakinya. Hitung tiap langkah kaki Ibu dan si Kecil ya. Jika ruangan yang ditempati cukup sempit, lakukan hal ini secara bolak-balik. Selain fokusnya yang teralihkan, hal ini juga membuat si Kecil akan mengenal angka.

Meskipun mengajarkan berhitung pada anak terlihat menjadi kegiatan yang menantang, namun kegiatan ini bisa menjadi kegiatan yang seru untuk dilakukan lho.

CARA MENGATASI ANAK SUSAH BERHITUNG

Setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda, tidak semua anak akan suka jika diajak untuk belajar berhitung. Namun, jika Ibu mengalami kesulitan dalam mengajarkan berhitung, ada beberpa cara yang bisa Ibu lakukan.

Jadikan berhitung sebagai sesuatu yang menyenangkan

Ibu perlu memberikan pengertian pada anak bahwa berhitung merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika membeli jajan, si Kecil juga perlu bisa berhitung agar tidak salah memberikan uang. Selain itu, Ibu juga perlu mengubah perspektif atau anggapan anak bahwa berhitung bukanlah hal yang menakutkan, melainkan berhitung adalah hal yang menyenangkan.

Ajarkan anak berhitung dengan cara-cara menyenangkan, seperti dengan bermain menggunakan gelas plastik dan botol seperti tadi, atau dengan keluar rumah dan menghitung batu di luar, dan kegiatan lain yang membuat buah hati senang.

Ajari anak konsep dasar berhitung

Ajarkan pada anak tentang konsep dasar berhitung, seperti menambahkan, mengurang, hingga perkalian dan pembagian. Saat mengajarkan konsep ini, bisa menggunakan barang-barang sederhana yang ada di rumah, misalnya menggunakan bola kecil. Saat mengajarkan pertambahan dan sebagainya.

Ajarkan melalui penerapan sehari-hari

terkadang cara mengatasi anak yang susah berhitung adalah dengan berhitung langsung dalam kesehariannya agar ia bisa merasakan langsung manfaatnya. Misalnya saat Ibu membeli apel, bagi apel dengan anggota keluarga dan ajak si Kecil untuk berhitung. Seperti: "ini ada 4 apel, untuk Ibu 1, untuk Ayah 1, untuk kakak 1, dan untuk adik 1 ya".

Itulah beberapa cara dan tips untuk menagajarkan anak berhitung. Selamat Mencoba!**

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: