Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur Pada Anak, Sempatkan Sebelum Tidur

Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur Pada Anak, Sempatkan Sebelum Tidur

Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur Pada Anak (Unsplash: Ben Griffiths)-Unsplash/Ben Griffiths-

Apakah Ibu dan Ayah selalu menyempatkan waktu membacakan dongeng untuk anak? Kegiatan membacakan dongeng sebelum tidur ternyata mempunyai banyak manfaat lho.

Membacakan dongeng sebelum tidur bisa menjadi kesempatan untuk orangtua untuk menghabiskan waktu bersama anak. Momen ini bisa orang tua gunakan untuk mendekatkan diri dengan si Kecil.

Selain itu, momen membacakan dongeng ini juga bisa orangtua gunakan untuk memberikan pelajaran mengenai nilai dalam dongeng yang dibacakan. Tidak hanya itu, membacakan dongeng kepada anak dapat mempunyai manfaat lain, yuk simak penjelasannya!

Manfaat membacakan dongeng sebelum tidur

Stimulasi Bahasa dan Keterampilan Berbicara

Membacakan dongeng membantu meningkatkan keterampilan bahasa anak, seperti memperluas kosakata, meningkatkan pemahaman kalimat, dan melatih keterampilan berbicara mereka.

Peningkatan Keterampilan Membaca

Mendengarkan cerita sebelum tidur dapat membangkitkan minat anak dalam membaca dan membantu mereka mengembangkan keterampilan membaca lebih baik.

Imajinasi dan Kreativitas

Dongeng memicu imajinasi anak dan membantu mereka mengembangkan kreativitas serta kemampuan untuk membayangkan dunia yang berbeda.

Pembelajaran Nilai Moral

Melalui cerita, anak-anak dapat belajar tentang nilai-nilai moral positif seperti kejujuran, persahabatan, keberanian, dan toleransi. Membacakan dongeng sebelum tidur memungkinkan orangtua untuk mengajarkan nilai-nilai ini dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

Kedekatan dan Keterikatan Emosional

Kegiatan membacakan dongeng sebelum tidur memperkuat hubungan antara orangtua dan anak. Anak merasa terhubung secara emosional dengan orangtua melalui momen berbagi cerita ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: