Kota Bandung Pada Malam Hari, Suhu Dingin Capai 17 Celsius

Kota Bandung Pada Malam Hari, Suhu Dingin Capai 17 Celsius

Kota Bandung Pada Malam Hari.(Foto:Disway.id)--

Jabar, Disway.id- Suhu di di Kota Kembang Pada malam hari sempat menyentuh menyentuh 17 derajat Celsius. Berikut penjelasan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat.

Dilansir disway Jabar, Kamis (20/7), suhu di Bandung mencapai 20 derajat Celsius pada 16 Juli 2023. Lalu pada 18 Juli 2023, suhu dilaporkan berada di 17 derajat Celsius. Sementara itu, di Kabupaten Bandung Barat (KBB), suhu terendah sempat mencapai 15,6 derajat Celsius.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan suhu udara minimum mengalami perubahan signifikan, yaitu mencapai 17 derajat Celsius. Nilai suhu minimum normal pada bulan Juli adalah 18,2 derajat Celsius, dan pada Agustus nilainya 17,5 derajat Celsius.

BACA JUGA:Pelaku Sejarah Dengklok: Wikana, Singgih, Soekarni, Ahmad Soebarjo dan Chaerul Saleh Diusulkan Nama Jalan

"Suhu dingin ekstrem memang cenderung berpeluang terjadi saat musim kemarau, yakni pada malam hari. Saat musim kemarau, pada siang hari, terik sinar matahari maksimal karena tidak ada tutupan awan. Akibatnya, permukaan bumi menerima radiasi yang maksimal," kata Rahayu dalam keterangan yang diterima, Rabu (19/7/2023).

Rahayu menerangkan pada malam bumi melepaskan energi. Karena tak ada awan, maka pada malam hingga dini hari, radiasi yang disimpan di permukaan bumi secara maksimal dilepas.

"Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan permukaan bumi mendingin dengan cepat karena kehilangan energi secara maksimal. Dampaknya adalah suhu minimum atau udara dingin yang ekstrem di malam hingga dini hari," kata Rahayu.

BACA JUGA:Mahasiswa Farmasi Unsika Kenalkan Manfaat Kunyit ke Warga Plawad, Cegah Bahaya Obat Sintetis

Kondisi Klimatologi Iklim Kota Bandung dipengaruhi oleh iklim pegunungan di sekitarnya. Namun pada beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan suhu, serta musim hujan yang lebih lama dari biasanya.

 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, musim hujan dirasakan lebih lama terjadi di Kota Bandung. Selama tahun 2020, suhu rata-rata Kota Bandung adalah 25,86°C. Suhu tertinggi Kota Bandung tahun 2020 mencapai 33,00°C di bulan September dan suhu minimum 15,90°C di bulan September tahun 2020.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: