Kualitas Udara Jakata -Bekasi Memburuk, Ambu Anne Ingatkan Warganya...,

Kualitas Udara Jakata -Bekasi Memburuk, Ambu Anne Ingatkan Warganya...,

Kualitas Udara Jakata -Bekasi Memburuk, Ambu Anne Ingatkan Warganya...--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Kualitas Udara Jakata -Bekasi Memburuk, Ambu Anne Ingatkan Warganya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meminta jajarannya untuk mengantisipasi terjadinya penurunan kualitas udara dampak dari musim kemarau yang panjang dan ekstrim.

Perintah itu diberikan sebagai langkah antisipasi agar masyarakat bisa terhindari dari berbagai potensi penyakit yang disebabkan kualitas udara yang buruk.

Perintah itu sekaligus sebagai langkah antisipasi menyusul terjadinya penurunan kualitas udara di sejumlah kota besar diantaranya DKI Jakarta dan kawasan Bodetabek (Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi).

"Kualitas udara di Purwakarta harus terus dijaga berada dalam kondisi baik. Harus disiapkan langkah antisipasi yang mampu mencegah terjadinya penurunan kualitas udara di Purwakarta. Kita harus melindungi masyarakat dari berbagai potensi penyakit yang ditimbulkan dari penurunan kualitas udara," kata Bupati Anne Ratna Mustika, Jumat, 18 Agustus 2023.

BACA JUGA:KPK Geledah Rumah di Bekasi Timur, Diduga Terkait Kasus Proteksi TKI

Orang nomor satu Purwakarta itu juga menghimbau masyarakat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), mengingat musim kemarau yang ekstrem dampak dari fenomena El Nino akan berpengaruh pada kesehatan manusia.

"Tingkatkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat, musim kemarau yang ekstrim akan berpengaruh pada daya tahan tubuh manusia yang berdampak pada kualitas kesehatan," ujar Anne Ratna Mustika.

Cuaca panas dan debu yang saat ini melanda karena dampak dari musim kemarau menurut Bupati perempuan pertama di Purwakarta dikhawatirkan berdampak pada kualitas udara di Purwakarta.

BACA JUGA:BAHAYA... Terorisme Sudah Masuk Kepolisian, 2 Anggota di Bekasi Ditangkap?

Bupati Anne juga menginstruksikan para  stakeholder di jajaran Pemkab Purwakarta untuk mewaspadai setiap fenomena alam yang terjadi, seperti kualitas udara yang berdampak pada kesehatan masyarakat.

"Kita harus bersiaga penuh untuk mencegah dan mengantisipasi setiap fenomena yang terjadi. Melakukan pencegahan itu jauh lebih baik dari pada mengobati," ujarnya.

Seperti diberitrakan sejumlah media massa, penurunan kualitas udara terjadi di Ibu Kota Jakarta dan beberapa wilayah lainnya. Seperti Bogor, Bekasi dan Tangerang. Kondisi itu terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain, kemarau panjang yang ekstrim,  konsentrasi polutan, emisi kendaraan  bermotor, termasuk dari manufaktur industri.

BACA JUGA:Komisi II DPRD Jawa Barat Dorong Anggaran Dinas Kehutanan Diprioritaskan dalam KUA-PPAS APBD 2024

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: