Harkopnas ke-76 di Karawang Penuh Kemeriahan

Harkopnas ke-76 di Karawang Penuh Kemeriahan

SEKILAS: Perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di Kabupaten Karawang berjalan meriah.-Istimewa-

KARAWANG- Perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di Kabupaten Karawang berjalan meriah. Sebanyak 2.500 pelaku koperasi tumpah ruah dalam kegiatan gerak jalan dan senam bersama yang berlangsung pada Sabtu, (26/8) di Lapangan Karang Pamitan, Karawang. 

 

Acara yang mengusung tema 'Kemandirian Koperasi Menuju Karawang Mandiri Bermartabat dan Sejahtera' itu dihadiri oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, Kepala Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Karawang, Warman, Kepala Dekopinwil Jawa Barat, serta Kepala Dinkop UKM Karawang, Rohman bersama jajarannya. 

 

Dalam sambutannya, Bupati Karawang Cellica mengatakan, perayaan Harkopnas menjadi titik balik kebangkitan bagi gerakan Koperasi di Karawang. Setelah hampir tiga tahun gerakan Koperasi dan ekonomi rakyat tiarap akibat adanya pandemi Covid-19. Baru di tahun 2023 ini, Pemkab Karawang kembali melaksanakan perayaan Hari Jadi Koperasi ke 76 tahun dengan suka cita. 

 

BACA JUGA: Dinkop Karawang Bagikan 50 Sertifikat HAKI Gratis

 

"Karawang memiliki 1.700 lebih Koperasi, meskipun dalam pergerakannya yang aktif hanya ada 500-an. Pasca pandemi mari kita sama-sama bergerak memajukan kembali gerakan Koperasi sebagai pusat perekonomian rakyat," ujar Cellica. 

 

Pemkab Karawang, lanjut Cellica, sejak tahun 2021 melakukan upaya meningkatkan perekonomian rakyat melalui bantuan modal sebesar Rp. 2 miliar lebih untuk memajukan usaha UMKM di bawah binaan Dinas Koperasi dan UKM Karawang. 

 

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan Pemkab Karawang dalam mengembangkan kembali usaha kecil pasca disapu pandemi yang berlarut-larut. "Saya harap Koperasi di Karawang terus solid, bersatu-padu untuk memajukan perekonomian di Kabupaten Karawang," ucapnya. 

 

BACA JUGA: Dinkop Karawang Bagikan Sertifkat Tanah Gratis Bagi Pelaku UMKM, Ini Syaratnya

 

Sementara, Kepala Dinkop UKM Karawang Rohman menambahkan, kegiatan Harkopnas di Karawang merupakan acara yang digelar oleh pengurus koperasi dan untuk pengurus Koperasi. Mereka bahu membahu membuat acara yang meriah sebagai bentuk semangat menuju kemandirian Koperasi. 

 

Kegiatannya, sambung Rohman meliputi acara sunatan masal, santunan anak yatim, lomba tumpeng, apresiasi Koperasi sehat, dan olahraga bersama dengan jalan santai dan senam masal di Lapangan Karang Pawitan. 

 

"Kami berharap Koperasi di Karawang memiliki daya saing yang kuat agar mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya, serta memajukan perekonomian di sekitarnya," harapnya. 

 

"Kami mewakili seluruh jajaran Dinkop UKM Karawang mengucapkan Selamat Hari Koperasi Nasional ke 76 tahun, semoga Koperasi sukses dan jaya selalu," pungkasnya. (wyd/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: