Tak Hadiri Panggilan KPK, Pemanggilan Cak Imin Dijadwal Ulang

Tak Hadiri Panggilan KPK, Pemanggilan Cak Imin Dijadwal Ulang

SOROT: Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjamin siapapun yang bersama PKB dalam Pilpres 2024, maka dia akan menjadi pemenang.-ISTIMEWA-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Muhaimin Iskandar atau Cak Imim berhalangan hadir memenuhi panggilan KPK yang dijadwalkan pada Selasa 5 September 2023.

“Tim penyidik KPK telah terima surat konfirmasi dari saksi ini tidak bisa hadir karena ada agenda di tempat lain,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya, Selasa, (5/9/2023).

Ali mengatakan tim penyidik KPK akan menjadwalkan kembali pemanggilan kepada Cak Imin pekan depan, bukan Kamis 7 September sebagaimana yang diusulkan oleh Cak Imin.

“Jadi bukan hari Kamis, 7 September sebagaimana permintaan dari saksi tapi penyidik agendakan di minggu depan,” kata Ali.

BACA JUGA:DLH Panggil Manajemen Pabrik Bakso di Jatirangga, Terkait Dugaan Pencemaran Kali Cikeas

KPK akan segera menginformasikan waktu pemanggilan ulang terhadap Cak Imin setelah mendapat konfirmasi dari tim penyidik.

“Tentu kami akan sampaikan informasi kembali kepada saksi ini untuk hadir di waktu yang ditentukan oleh tim penyidik KPK,” tandas Ali.

Sebelumnya, KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan korupsi terkait pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) tahun 2012.

BACA JUGA:Kata Zulhas Cak Imin Belok Tanpa Lampu Sein, PKB: Kita Sudah Sein Tapi PAN Nyalip Duluan

Terkait pemanggilan ini, KPK menampik adanya muatan politis dalam pemanggilan Cak Imin sebagai saksi kasus ini. Pasalnya, Cak Imin dipanggil KPK sesaat setelah dideklarasikan sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan.

“Proses penyidikan itu dilakukan jauh-jauh hari sebelum kemudian ada isu yang berkembang saat ini terkait dengan proses politik. Sekali lagi kami tegaskan ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan proses-proses politik dimaksud,” kata Ali.

Di sisi lain, terkait pemanggilan itu, Cak Imin sempat menyampaikan kendala untuk menghadiri panggilan KPK hari ini. Ia mengaku harus membuka forum MTQ Internasional sehingga meminta pemeriksaan ditunda.

BACA JUGA:PKB Mau Gabung Poros Golkar, PPP dan PAN, Cak Imin: Asal Capresnya Saya...

“Saya sudah dijadwalkan oleh teman-teman Jami’atul Quro’ wal Huffadz (JQH) organisasi para hafiz dan qori Quran NU, jadi saya sudah dijadwalkan lama untuk membuka forum MTQ Internasional dari banyak negara, sebagai wakil ketua DPR saya harus membuka itu, maka kemungkinan saya minta ditunda,” kata Cak Imin di kanal YouTube Narasi TV, Senin, 4 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: