Jabar Terdepan Dalam Bidang Pendidikan di Indonesia

Jabar Terdepan Dalam Bidang Pendidikan di Indonesia

Wahyu Mija, Kepada Dinas Pendidikan Jawa Barat.(Foto:Okky firmansyah/DiswayJabar)--

Jabar, Disway.id- Provinsi Jawa Barat Menjadi Yang Terdepan, Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Muda I Ombudsman RI Jawa Barat (Jabar), Ujang Solihuwildan pada Forum Diskusi Terpumpun Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023 di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Jabar, Kab. Bandung Barat, Rabu (20/9/2023).

Wildan menuturkan, Jabar adalah provinsi terdepan dalam menerapkan tiga prinsip PPDB, yakni objektif, transparan, dan akuntabel. "Tiga prinsip tersebut dijalankan, kemudian ditambah poin keempat, yakni melakukan publikasi secara terbuka mengenai jumlah kuota pada masing-masing jalur pendaftaran," tuturnya.

BACA JUGA:Disdik Jabar Lepas 35 kontingen Untuk Berkompetisi pada O2SN 2023

Inovasi PPDB Jabar jenjang SMA, SMK, SLB, di tahun 2023, tambahnya, juga sangat memudahkan masyarakat. Seperti, pendaftaran dalam satu web, sinkronisasi Google Maps dengan aplikasi, fitur tracking serta ditampilkannya rangking secara realtime.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya menuturkan, peningkatan tersebut merupakan hasil evaluasi tahun sebelumnya. Kadisdik berharap, ke depan seluruh stakeholder bisa merumuskan solusi mendasar dari permasalahan PPDB.

BACA JUGA:Tekan Kasus Stunting, BKKBN Jabar Berkolaborasi dengan Disdik Jabar

Sementara itu Sekretaris dinas Pendidikan Jabar, Yesa Sarwedi menjelaskan jika PPDB Jabar tahun ini terselenggara dengan transparan dan akuntabel, Meski masih terjadi beberapa kecurangan yang di lakukan oknum.

Selama proses PPDB Jabar tahun 2023 terdapat kecurangan dalam hal pemalsuan data hingga tipu-tipu titik kordinat zonasi, Namun disdik dapat mengetahui hal tersebut dan melakukan diskualifikasi terhadap sejumlah oknum yang terdapat melakukan kecurangan.

BACA JUGA:Disdik Jabar jadikan SMKN 1 Mundu sebagai penunjang Konsep Kota Rebana

Diskusi terpumpun ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas Disdik Jabar, Awan Suparwana; Kepala Tikomdik Jabar, Firman Oktora; perwakilan panitia PPDB 2023 serta perwakilan Disdik kabupaten/kota se-Bandung Raya.(ADV)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: