Simulasi Pengamanan Pemilu Polres Karawang Jika KPU Karawang Dikepung Massa

Simulasi Pengamanan Pemilu Polres Karawang Jika KPU Karawang Dikepung Massa

SIMULASI PENGAMANAN: KPU Karawang Diserbu Perusuh, Bentrok Polisi-Massa Tak Terhindar --

KARAWANGEKASI.DISWAY.ID - KPU Karawang Diserbu Perusuh, Bentrok Polisi-Massa tak terhindar. Itulah simulasi pengamanan pemilu yang dilakukan Polres Karawang

Upaya pengamanan pemilihan umum tahun 2024 di wilayah kabupaten Karawang, Polres Karawang melaksanakan simulasi sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota) pada Operasi Mantap Brata (OMB) Lodaya tahun 2023-2024, Jumat (6/10/2023). 

Pelaksanaan Simulasi Sispamkota Ops Mantap Brata dilakukan skenario pengamanan ketika terjadi rusuh massa pada saat-saat tertentu. Dalam situasi genting dan memicu gangguan keamanan. Dimana dalam kesempatan tersebut di Simulasikan ada salah satu kelompok pendukung pasangan Calon yang tidak terima. 

BACA JUGA:Kisruh Dugaan Malapraktik di Kota Bekasi, Dinkes Jabar Panggil RS Kartika Husada Hari Ini

Dengan hasil penghitungan suara dan melakukan unjuk rasa ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) dan Gudang Logistik KPU. Terlihat dalam simulasi, tim Dalmas Polres Karawang dan Brimob Polda Jabar sudah bersiap menghadap para pendemo yang berniat ke Kantor KPU Kabupaten Karawang.

Massa yang tidak puas pun menyerang polisi dengan menggunakan senjata tajam serta melemparkan batu dan berbagai benda tumpul. Mobil water cannon dikerahkan.

Polisi juga menembakkan gas air mata untuk mengendalikan situasi. Tindakan anarkis makin meluas hingga pertokoan dijarah massa.

BACA JUGA:Pilkada Karawang Butuh Biaya Rp 86 M

Tampak, pengamanan dari Polres Karawang pun melakukan tugasnya guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Mulai dari formasi Dalmas dan melibatkan seluruh personil Polres Karawang dari setiap Satuan. 

Tak hanya itu, dalam simulasi, polisi tampak melakukan negoisasi dengan pendemo, sehingga mereka menerima jawaban dari hasil negoisasi tersebut.

Beberapa sesi pencegahan hingga penanganan masa, sampai diturunkan mobil water cannon diantara pertahanan pasukan dalmas, untuk mengurai masa yang di Simulasikan anarkis.

BACA JUGA:Kolaborasi dengan DWI dan RITS, Bank bjb Dukung Pembayaran Jalan Tol Nir Sentuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: